Nova Ruth (Foto: instagram)
Nova Ruth (Foto: instagram)

Perjalanan Musisi Nova Ruth Menelusuri Jalur Rempah Nusantara

Hiburan musik indonesia Musik Indie
Cecylia Rura • 25 September 2020 14:52
Jakarta: Kapal layar sekunar Arka Kinari yang memboyong sekelompok seniman menepi di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku. Satu dari rombongan itu adalah Nova Ruth, musisi hip-hop asal Malang, Jawa Timur.
 
Nova Ruth bersama suami, Grey Filastine warga asal Spanyol, dan sejumlah penghuni kapal Arka Kinari telah berlayar lebih dari setahun. Mereka berangkat dari Rotterdam, Belanda, menelusuri jalur rempah dari Eropa hingga ke Indonesia.
 
Perjalanan laut mereka bersama kapal Arka Kinari buatan 1947 dengan panjang 18 meter, dimulai pada 23 Agustus 2019 menelusuri berbagai negara di Eropa, Amerika, Asia kemudian tiba di Banda Neira. Pada 16 September 2020, rombongan Arka Kinari disambut upacara buka kampung dan buka puang di Kampung Fiat atau Kampung Baru di Banda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu kapal Arka Kinari yang memuat delapan awak dengan dua di antaranya dari Indonesia tiba, mereka dijemput perahu kora-kora dengan adat dari warga desa Kampung Baru. Pasangan Grey Filastine dan Nova Ruth langsung menumpang perahu Kora-kora dan mendayung bersama warga hingga ke daratan.
 
Perahu Kora-kora digunakan leluhur sebagai armada perang dan penjaga perairan Kepulauan Banda. Tepatnya pada abad ke-14 ketika bangsa Eropa datang ke Kepulauan Banda untuk berdagang rempah-rempah.
 
Guna mencegah penyebaran Covid-19, awak kapal lain menjalani karantina di dalam kapal Arka Kinari. Mereka juga menjalani rapid test atau tes cepat sebelum kapal mereka menepi di Banda Neira.
 
Perjalanan seniman dengan Arka Kinari mengemban misi kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
 
"Misi dari Belanda memang untuk datang ke Indonesia dan mulai berbagi ilmu tentang lingkungan, seni, dan budaya. Maka dari itu dengan program jalur rempah yang juga untuk mengedukasi Indonesia tentang bagaimana pentingnya jalur ini dalam pertukaran ilmu, seni, dan budaya itu sendiri," terang Nova Ruth dalam wawancara bersama Metro TV, dikutip Jumat, 25 September 2020.
 
"Dan ini cocok sekali karena kita sama-sama belajar apa yang terjadi di sini dan apa yang harus dijaga yaitu agama, adat, dan perempuan terutama dan buat saya itu sangat kuat sekali pesan tersebut, bahwa menjaga tiga hal tersebut. Sebetulnya adalah cara menyelamatkan bumi ini dari kehancuran lingkungan. Penting sekali itu," kata Nova Ruth.
 
Perjalanan Musisi Nova Ruth Menelusuri Jalur Rempah Nusantara
 
Dilansir keterangan terbaru dari akun Arka Kinari, kapal Arka Kinari bekerja sama dengan program Jalur Rempah, program rekonstruksi budaya rempah yang membentuk budaya bahari di Nusantara. Mereka juga bertukar pikiran tentang perubahan cara hidup seimbang yang dilakukan sejak dalam pikiran seperti membeli lebih sedikit, mananam lebih banyak, dan menghidupkan kembali jejak-jejak kearifan lokal yang dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja.
 
Di Banda, Nova dan Filastine menyajikan pertunjukan ruang apung. Warga menikmatinya dari daratan. Pertunjukan Filastine dan Nova Ruth ditutup dengan dengan kolaborasi bersama Sangar Manisan Pala dari anak-anak Banda Naira.
 
Selepas dari Banda Neira, kapal sekunar Arka Kinari bertolak sejumlah kawasan di Indonesia yang masuk dalam jalur perdagangan rempah seperti Kota Sorong, Selayar, Makassar, dan Benoa Bali.
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif