Stinky Tes Pasar Musik Lewat Singel Baru
Stinky dengan vokalis barunya, Yoda Idol (Foto: Purba Wirastama)
Jakarta: Sudah delapan tahun sejak grup musik Stinky merilis album terakhir mereka, Aku Hanya Manusia pada 2010. Irwan Batara, bassist dan salah satu pendiri grup, menyebut bahwa mereka sudah merencanakan proyek album berikutnya tetapi secara bertahap.

"Memang mengarah ke sana, sedang kami cicil," kata Irwan saat ditemui di kawasan Mangga Dua, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Untuk saat ini, mereka merilis singel pertama sebagai perkenalan, yaitu Kepastian Darimu yang melibatkan Yoda Idol sebagai vokalis tamu. Singel kedua, yang akan dirilis tahun ini, juga tetap melibatkan Yoda. Singel kedua ini akan punya sentuhan rock lebih kental. Lalu ada rencana singel ketiga.


"Saya di rumah sudah menyiapkan, berikutnya ini, lalu ini," kata Irwan saat berbincang lebih lanjut dengan Medcom.id.

"Habis ini nge-rock, habis ini yang ketiga EDM. Namun untuk singel pertama ini, kami enggak mau bikin kaget dulu. Kami bikin yang (transisinya) lembut," lanjutnya.

Menurut gitaris Helman "Nanno" Maulana, merilis lagu-lagu lepasan memang sedang menjadi strategi mereka saat ini, seperti yang juga dilakukan sejumlah grup lain. Alasannya adalah soal penerimaan pasar atas semua materi album.

"Trennya itu singel. Kami mencoba singel. Kalau ada respons, baru kami coba minimal album mini. Karena kalau kamj bikin album, tanpa lagu yang kami jagokan, mubazir. Mending satu lagu yang memang kami jagokan, mendapat respons bagus, kami lanjutkan," tutur Nanno dalam kesempatan sama.

Sejak 1997 hingga 2010, Stinky telah merilis sembilan album penuh. Menurut Irwan, sebenarnya mereka punya banyak materi lagu yang siap diolah. Namun materi ini tidak selalu bisa menjadi karya rilis berbentuk album atau album ini karena sejumlah alasan. Selain faktor pemasaran yang diungkap Nanno, alasan lain adalah biaya.

"Kalau memamg jadi album, ini akan jadi yang ke-10. Materi kamo banyak banget, tinggal modalnya saja. Album butuh modal gede lho," ungkap Irwan.

Kini Stinky berjalan dengan formasi empat personel. Ada Irwan (bass), Nanno (gitar), dan Edy Suryo (drum). Belum lama ini, Ndhank Hartono (gitar) keluar dari grup. Yoda adalah vokalis keempat setelah Andre Taulany, Arie, dan Dona Amelia.

 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id