Album Kompilasi Sambut Asian Games 2018 Dirilis
Jumpa media perilisan album Energy of Asia di KFC Kemang, Jakarta, Kamis, 19 Juli 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jakarta: Menyambut pesta olahraga Asian Games 2018 di Indonesia menarik perhatian pihak Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) bekerjasama dengan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) merilis 13 karya singel dalam album kompilasi bertajuk Energy of Asia. 13 nomor lagu memuat konten yang mewakilkan warna musik Indonesia mulai dari dangdut, pop, musik elektronik dansa hingga hip hop.

"Sebenarnya tidak ada pemilihan, semuanya itu memang kita bermitra dengan ASIRI lalu dari ASIRI sudah tahu. Kami sudah memberikan tema, untuk  Asian Games perlu ada lagu-lagu yang mewakili solidaritas, sportivitas, kemenangan, perjuangan, semangat, persatuan, persaudaraan, jadi juara," papar Syanda Kunto selaku Vice Director Communication Department saat dikonfirmasi Medcom.id di KFC Kemang, Jakarta, Kamis, 19 Juli 2018.

"Kami berikan tema-temanya, lebih dari 13. Nanti ASIRI yang akan menghitung dan mencari siapa pemusik, artis, pengarang lagu. Jadi semua artis datang dari ASIRI. Kami ajak bermitra karena kami tahu mereka mumpuni di bidangnya," sambung Syanda.


Prosesnya memakan waktu satu tahun sejak Februari 2017 hingga berhasil rampung pada Juni 2018. Lagu satu per satu diperdengarkan dan di-review oleh INASGOC. "Misalnya mereka datang, ini oke enggak liriknya? Lalu kami reviews, oke liriknya bagus. Nanti musiknya A B C," kata Syanda.

Pemilihan juga berdasarkan rekomendasi serta hasil studi dari ASIRI. Dasar penilaian diambil dari pasar masing-masing musisi. "Terutama tentu dari penyanyi. Mereka punya Instagram, semua media sosial, populernya di mana? Artisnya ini populer di mana? Kita perlu (selera) anak muda, middle age (maka) kami pilih Once, variasi banyak sekali," papar Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Rekaman Indonesia ( ASIRI) Yusak Irwan Sutiono.

"Semua media sosial. Spotify, Instagram, YouTube, Facebook, ada follower berapa," sambungnya.

13 lagu dalam album Energy of Asia spesial rilisan Asian Games 2018 dipilih mewakili seluruh genre. Sebagai informasi, pihak ASIRI menggandeng JFlow dan Via Vallen meski mereka bukan bagian dari anggota ASIRI .

"Kalau kami bilang JFlow bukan anggota ASIRI tapi untuk kepentingan kebersamaan ini kami tarik juga. Via Vallen perusahaan rekaman bukan ASIRI tapi ini untuk kepentingan bersama, nasional," jelas Yusak.

Album Energy of Asia mulai dirilis 19 Juli 2018 di seluruh gerai KFC Indonesia. Hal ini dikarenakan jaringan KFC memiliki banyak outlet yang dapat ikut memasarkan album hingga ke seluruh daerah Indonesia. Album Energy of Asia dirilis di bawah label rekaman Jagonya Musik & Sport.

Berikut daftar lengkap nomor lagu di album Energy of Asia:

1. Meraih Bintang
Ciptaan: Pay/Rastamanis
Penyanyi: Via Vallen

2. Menaklukkan Dunia
Ciptaan: Rian D'Masiv
Penyanyi: Once feat. Shakira Jasmine

3. Janger Persahabatan
Ciptaan: Guruh Soekarnoputra
Penyanyi: Nev+ Ariel NOAH & Dea Dalila

4. Dance Tonight
Ciptaan: JFlow, A. Monteya
Penyanyi: Bunga Citra Lestari

5. Kemenangan
Ciptaan: Ade Govinda & Anji
Penyanyi: Cakra Khan

6. Indonesia Berpesta
Ciptaan: Ade Govinda & Anji
Penyanyi: Anji

7. (Non Political) Asian Dance
Ciptaan: Bimbim , Kaka, Ridho, Ivanka
Penyanyi: Slank feat. Dipha Barus

8. Unbeatable
Ciptaan: JFlow, Cindy Bernadette
Penyanyi: JFlow feat. Dira Sugandi

9. Cita Kita
Ciptaan: GAC
Penyanyi: GAC

10. Bukan Anak Kemarin Sore
Ciptaan: Adha Gusriadi, Andika Mahendra Yuda, Tsansy Rizal Adi Pradana
Penyanyi: Armada

11. Be Alright
Ciptaan: Tatsuro Miller, Afgansyah Reza, Simhala Avadana
Penyanyi: Afgan

12. Asia's Who We Are
Ciptaan: Isyana Sarasvati
Penyanyi: Isyana Sarasvati

13. Bright as The Sun
Lagu: Rian dan Rama D'Masiv
Lirik: Rian, Rama, D'Masiv, Nino RAN, Irfan Samsons dan Ade Govinda
Penyanyi: Energy 18

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id