Glenn Fredly (Foto: Medcom/Krispen)
Glenn Fredly (Foto: Medcom/Krispen)

Saran Glenn Fredly untuk Wishnutama Terkait Ekonomi Kreatif

Hiburan Glenn Fredly Kemenparekraf
Sunnaholomi Halakrispen • 08 November 2019 15:42
Jakarta: Musisi Tanah Air, Glenn Fredly memberikan tanggapan dan harapannya soal ekonomi kreatif di bawah kepemimpinan Wishnutama. Menurutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI harus bisa mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif menjadi lebih baik.
 
Glenn mengatakan, sebaiknya kebijakan-kebijakan baru untuk memberi ruang pada sektor ekonomi kreatif semakin didorong. Terlebih kini, sektor tersebut telah kembali bergabung dengan pariwisata di dalam satu payung kementerian.
 
"Koordinasi saling melengkapi jadi sangat penting, wilayah parekraf bisa mendorong kebijakan yang lebih membuka ruang. Artinya kebijakan yang memberi ruang agar ekosistemnya bisa berkembang, " ujar Glenn di M Bloc Space, Jakarta Selatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu contoh terobosan yang sedang dirasakannya ialah kawasan M Bloc Space. Area tersebut merupakan contoh cara kerja pentahelix. Ada kolaborasi antara pemerintah, private, dan ekosistemnya.
 
"Yang muncul dan paling mendasar dari ekonomi kreatif itu rasa kepercayaan. Contoh, anak muda yang datang ke tempat ini mereka enggak sadar kalau mereka datang di aset pemerintah, yang dari dulu ada gapnya," paparnya.
 
Glenn meyakini, apabila pemerintah bisa memperkuat kolaborasi dengan pegiat ekonomi kreatif, maka sangat mungkin untuk sektor ini semakin berkembang positif bagi negeri.
 
"Kalau pemerintah mengelola juga nanti jadinya malah tumpang tindih. Harus bersinergi kolaborasi dan iklusivitas itu jadi sangat penting," ucapnya.
 
Pria yang aktif bermusik selama puluhan tahun ini pun berharap agar industri kreatif tak lagi dipandang berjalan sendiri-sendiri. Sebab, kata Glenn, sesungguhnya industri ini saling berhubungan satu sama lain.
 
"Saya ambil contoh di dalam musik kita ketemu fintech, fashion, intinya lintas disiplin. Jadi harapannya ekonomi kreatif jangan diparsialkan masing-masing. Kuliner jalan sendiri, pariwisata jalan sendiri, fashion, fnb fintech. Semua enggak bisa jalan sendiri karena universe-nya mereka saling terhubung," jelasnya.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif