(Foto: Youtube)
(Foto: Youtube)

Album Legendaris Jurang Pemisah Akan Dirilis Ulang

Hiburan chrisye
Agustinus Shindu Alpito • 03 Februari 2017 13:13
medcom.id, Jakarta: Album Jurang Pemisah yang dibuat oleh trio musisi legendaris, Yockie Suryo Prayogo, Chrisye, dan James F Sundah, akan dirilis ulang. Album itu pertama kali dirilis pada 1978. Menjadi album yang berpengaruh terhadap perjalanan musik Indonesia.
 
"Album Jurang Pemisah diremaster ulang di London, tahun ini akan dirilis, mungkin dalam format piringan hitam dan CD," kata James F Sundah saat ditemui Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.
 
Album Jurang Pemisah menampilkan musikalitas tiga musisi itu waktu mereka muda. Usia James pada saat membuat album itu 19 tahun, sedangkan Yokcie dan Chrisye kala itu di usia 20-an tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


James menjelaskan bahwa proses kreatif pengerjaan album itu berkesan baginya. Sebuah pengalaman tidak terlupakan bekerjasama dengan musisi terbaik era itu.
 
"Meski sudah selesai rekaman, tetapi album Jurang Pemisah tidak dirilis-rilis. Album itu belum dirilis sampai akhirnya Chrisye sama Yockie bikin Badai Pasti Berlalu, bersama Mas Eross Djarot."
 
“Proses kreatifnya (bermacam-macam) sempat teler. Tetapi aku disuruh sadar terus, mereka (Yockie, Chrisye) ke saya dan ke Fariz RM itu open. Cara kerja berikutnya, saya belajar kompisisi, kami melebur melihat satu titik."
 
Menurut James, materi musik dalam Jurang Pemisah tergolong visioner kala itu. Bahkan mereka membuat track berdurasi 12 menit yang kemudian dipangkas menjadi 6 menit.
 
"Lagu yang aku tulis, Jeritan Seberang, itu lagu tentang TKI yang terpisah dari Indonesia,begitu sampai di Indonesia malah ‘dibajak'."
 
Yockie, Chrisye, dan James memberi pengaruh besar terhadap dunia musik populer Indonesia. Karya-karya mereka populer di era 1970-an hingga 1990-an. Hingga saat ini, karya-karya mereka tetap relevan dan terus mendapat apresiasi.
 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif