Garap Album Solo, Thom Yorke Sulit Lepaskan Isu Politik
Thom Yorke (Foto:gettyimages)
London: Setelah mengerjakan sejumlah soundtrack untuk film horor Suspiria dari sutradara Luca Guadagnino, musisi pentolan grup Radiohead Thom Yorke akan melanjutkan pengerjaan album solo ketiga. Menurut Thom, album ini akan punya muatan politis kendati awalnya dia tidak ingin ke sana.

Hal ini diungkap Thom dalam wawancara terbaru dengan media Spanyol El Mundo, seperti dikutip oleh Consequence of Sound. Thom menyebut dia dan produser Nigel Gordich akan berupaya menuntaskan album itu sehingga bisa dirilis pada 2019. Nigel adalah rekan lama Radiohead.

Bicara soal tema album, Thom menyebut dia tidak bisa lepas dari isu politik. Salah satu sorotan Thom adalah penanganan pemerintah Inggris terhadap masalah Brexit.


"Aku tidak punya keinginan untuk membuat musik bermuatan politis," ungkap Thom, seperti dikutip Consequence of Sound, 25 Oktober 2018.

"Namun semua yang aku lakukan selalu kembali ke situ. Aku mencoba menuntaskan rekaman dengan Nigel dan temanya kembali ke situ. Ini adalah hal yang selalu ada di situ," lanjutnya.

Bicara soal musiknya, Thom menyebut album akan punya sentuhan elektronik tetapi tidak dengan cara konvensional.

"Musiknya sangat elektronik, tetapi berbeda dari apa yang telah aku kerjakan hingga sekarang. Metode ini tidak bergantung kepada komputer. Dalam proses aneh ini, kami membuat lagu di studio, memecahnya, menyusun lagi dengan tambahan suara langsung, hasilnya keluar beda lagi, dan itulah yang kami rekam," tutur Thom.

"Kami berimprovisasi dengan banyak suara dan efek. Ini adalah cara sangat aneh dalam membuat rekaman, yang mana sangat menyenangkan," imbuhnya.

Album belum berjudul ini menjadi album solo ketiga Thom, menyusul The Eraser (2006) dan Tomorrow's Modern Boxes (2014).

Sementara itu, Thom baru saja merilis satu soundtrack lain berjudul Unmade untuk film Suspiria. Album soundtrack ini memuat total 25 nomor lagu dan akan dirilis pada 26 Oktober 2018.



 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id