Glenn Fredly. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Glenn Fredly. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Realisasi Ambon sebagai Kota Musik Masih Dipersiapkan

Hiburan Ambon Kota Musik Dunia
Cecylia Rura • 20 November 2019 15:06
Jakarta: Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Ambon sebagai kota musik dalam daftar 66 kota kreatif di dunia pada Oktober lalu. Ambon menjadi kota pertama dari Indonesia mewakili Asia Tenggara sebagai kota musik.
 
Untuk realisasi tajuk Kota Musik untuk Ambon, penggagas Kami Musik Indonesia (KAMI) Glenn Fredly mengatakan saat ini masih dalam tahap konsep. Ambon rencananya akan dijadikan kota percontohan untuk beberapa wilayah lain yang berpotensi menjadi kota musik selanjutnya dari Indonesia.
 
"Saat ini sudah ada komitmen dari dari Parekraf sendiri untuk menjadikan Ambon sebagai percontohan. Seperti tadi saya bilang, menjadi kota musik itu konsep dan dia berproses, bisa di-review empat tahun sekali oleh UNESCO apakah sudah berjalan," kata Glenn di Jakarta Selatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Glenn menambahkan, konsep Kota Musik di Ambon perlu dikerjakan oleh stakeholder lintas disiplin dan tak seutuhnya diberikan keapda pemerintah. Upaya yang telah kini dilakukan adalah mendorong regulasi untuk mempermudah lahirnya sarana.
 
"Misalnya, kita dorong pemerintah untuk membuat konservatorium sebagai perwujudan kota musik. Kita akan mendorong inovasi-inovasi yang ada. Ambon yang menjadi kota musik selaras dengan salah satu dari 17 program PBB, sustainable development," kata Glenn.
 
Ambon sebagai Kota Musik diharapkan dapat memberikan efek berkelanjutan di berbagai sektor. Glenn sendiri berharap pihak pemerintah dapat membuat regulasi yang memudahkan sinergitas stakeholder untuk membangun konsep Kota Musik di Ambon.
 
"Ada musik dalam konteks lingkungan hidup, edukasi. Kalau saya mendorong itu. Bagaimana pemerintah bisa menghasilkan kebijakan yang memudahkan, inovasi, dan kolaborasi dengan dunia edukasi karena ini penting banget. Nanti kita akan bahas di Konferensi Musik Indonesia di Bandung tanggal 23," terangnya.
 
Glenn berharap, dalam konsep Kota Musik di Ambon ada narasi pembenahanbaik untuk pemerintah, pengelolaan, perlindungan, serta narasi baru untuk menghasilkan kebijakan berpihak.
 
"Ambon ini harus jadi kota percontohan. Kota musik yang bisa memunculkan multiply effect dalam segi ekonomi, kesejahteraan, dan dalam konteks sosial, ada kebijakan yang baik, ada ruang publik yang dibuat," ungkapnya.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif