Tujuh Fakta Seputar Dolores
Dolores O'Riordan (Foto: Aol.com)

Jakarta: Kepergian Dolores O'Riordan menjadi kabar mengejutkan di belantika musik internasional. Vokalis grup musik The Cranberries itu meninggal di usia 46 tahun dan hingga saat ini belum dirilis sebab kematiannya oleh pihak terkait.

Dalam riwayat catatan hidupnya, Dolores sempat menderita penyakit bipolar yang baru diketahui pada 2015. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada Mei 2017 saat dia dan The Cranberries tengah melakukan tur konser musik di Eropa, Dolores menaruh perhatian khusus terhadap penyakitnya. Sehingga, The Cranberries sempat membatalkan konser mereka.

Mengenal lebih jauh sosok Dolores O'Riordan, berikut rangkuman Medcom.id tentang sosok musisi asal Irlandia itu.

1. Vokalis The Cranberries selama 13 Tahun

Dolores O'Riordan mengikuti audisi dan memenangkan sebuah kontes untuk mengisi posisi vokalis di grup band The Cranberry Saw Us. Nama itu kemudian berganti menjadi The Cranberries. Beberapa singel mereka yang begitu populer antara lain Linger dan Zombie, yang kental dengan aksen Irish dan gaya bernyanyi Dolores. Total ada lima album yang sudah dirilis The Cranberries bersama Dolores, Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? (1993), No Need to Argue (1994), To the Faithful Departed (1996), Bury the Hatchet (1999), dan Wake Up and Smell the Coffee (2001). The Cranberries sempat berpisah di tahun 2003 namun kembali bermusik dalam format reuni di tahun 2009.

2. Sukses berkarier solo

Saat The Cranberries vakum, Dolores memiliki proyek album solo Are You Listening? (2007) yang sukses di pasaran. Dalam album tersebut, Ordinary Day dan When We Were Young menjadi dua singel andalan. Album kedua No Baggage dirilis pada 2009. Dalam catatan prestasi, Dolores pernah memenangkan European Border Breakers Awards (EBBA) di tahun 2008. Lewat penghargaan tersebut ia dikenal sebagai salah satu dari 10 seniman atau grup yang dikenal khalayak publik di luar negara lewat album perdana tingkat internasional yang baru dirilis.

3. Tiga kali gelar aksi panggung di depan Paus

Dolores yang menganut kepercayaan Katolik Roma memiliki kesempatan tampil di Vatikan sebanyak tiga kali, di depan Paus Benediktus XVI. Ia bernyanyi di perayaan Natal tahunan di Vatican, tahun 2001, 2002, dan 2005.

4. Menikah dengan manajer, Don Burton

Dolores menikah dengan manajer tur Duran Duran, Don Burton di tahun 1994. Mereka dikaruniai tiga orang anak, Taylor, Molly, dan Dakota. Setelah 20 tahun bersama, Dolores dan Don bercerai di tahun 2014. Kendati berpisah, keduanya masih memiliki hubungan baik.

5. Masuk dalam daftar 10 perempuan terkaya di Irlandia

Tahun 2006, Dolores masuk dalam daftar 10 perempuan terkaya di Irlandia.

6. Tergabung dalam proyek D.A.R.K.

D.A.R.K. merupakan band beraliran rock alternatif yang dibentuk DJ asal New York Olé Koretsky dan mantan pemain bass The Smiths Andy Rourke. Band ini dibentuk di New York pada 2009. April 2014, D.A.R.K. melakukan rekaman pertama untuk materi baru bersama Dolores O'Riordan. Album perdana mereka Science Agrees dirilis pada 27 Mei 2016.

7. Ikonik dengan potongan rambut pendek

Sebagai figur publik, penampilan Dolores menjadi perhatian khusus. Salah satunya, potongan rambut pixie Dolores yang super pendek menjadi ikonik di tahun 90-an.





(ASA)