Glenn Fredly dan Ridho Slank dalam peluncuran Go-pay untuk pengamen (Foto: Medcom/Kumara)
Glenn Fredly dan Ridho Slank dalam peluncuran Go-pay untuk pengamen (Foto: Medcom/Kumara)

Glenn Fredly Bangga Pengamen Kini Bisa Dibayar dengan Uang Elektronik

Hiburan Glenn Fredly institut musik jalanan
Kumara Anggita • 20 Juni 2019 23:28
Jakarta: Teknologi membuat semua menjadi lebih praktis dalam transportasi, makanan, berbelanja, layanan. Yang terbaru, orang bisa memberi apresiasi kepada pengamen jalanan melalui uang elektronik.
 
Menggandeng Institut Musik Jalanan (IMJ), salah satu uang elektronik Go-pay memudahkan orang jika ingin memberikan uang kepada pengamen tapi kita sedang tidak memiliki uang tunai. Anda hanya diminta memindai kode QR dan nominal uang yang Anda berikan akan segera diterimanya.
 
"Teknologi di jalan untuk transparasi membuat lebih mudah," kata CEO Go-Pay, Aldi Haryopratomk di Three Buns Senopati, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat sedang perform dia bisa dapat kode di gitarnya jadi orang yang tidak bawa dompet bisa membayar. Dari rekam jejak transaksi. Ada data. Mana yang lama dan sudah berhasil (musisi jalanan). Data ini bisa digunakan Institut Musik Jalanan (IMJ) untuk naikin ke tangga berikut. Atau jadi bukti untuk pinjaman buat anak. Kita membantu tidak hanya customer tapi meningkatkan derajat hidupnya musisi jalanan," jelasnya.
 
Inovasi ini tentu disambut baik pengamen yang ada di IMJ. Dari sisi musisi jalanan, mereka akan mendapatkan transparasi. Langkah ini diharapkan membuat para pengamen jalanan lebih sejahtera.
 
"Banyak kualitas anak jalanan yang tidak kalah dengan musisi lain di IMJ,” kata pendiri IMJ, Andi Malewa.
 
Untuk bisa mendapat layanan itu, sang musisi diharuskan mendaftar dan menyertakan surat bebas narkoba dan persyaratan yang ditetapkan. Andi juga menyebutkan, hal yang paling mendasar lainnya dari perekrutan adalah sikap dan penampilan dari para musisi jalanan.
 
"Musik bisa dilatih. Yang penting attitude dan penampilan dan itu jadi standar yang kita buat. Semoga bisa buka ditempat lain. Akhirnya ini bisa dirasakan di seluruh kota Indonesia,” katanya.
 
Langkah ini juga diapresiasi Glenn Fredly dan Ridho Slank yang terlibat sebagai mentor. Bagi mereka, cara ini adalah hal yang dibutuhkan oleh industri musik sekarang.
 
"Gue pribadi support IMJ karena cara mereka ngamen beda bukan di jalanan lagi di bus atau di warung. Bukan yang nyanyi sebentar dikasih uang cabut," kata Ridho.
 
"Saya tahu betul proses yang terjadi di IMJ. Mereka cara berpikirnya sistematik. Ini bikin saya bangga menjadi bagian dari IMJ. Buat saya ini sejarah baru. Bahkan jalan baru membenahi ekosistem (musik) yang kita gaungkan," ujar Glenn.
 
Bagi Glenn, yang paling penting dari gebrakan ini dilihatnya sebagai salah satu bentuk perubahan ke arah yang positif.
 
“Saya melihat kualitas. IMJ ini mereka tidak hanya buat nama tapi buat sistem. Saya senang bagaimana dia mengubah paradigma dengan menggunakan musik secara positif. Memberikan suatu impresi bahwa musik yang mereka mainkan menjadi alat perubahan,” ujar Glenn.
 
"IMJ ini memberikan inspirasi dalam konteks musik Indonesia yang harus dibenahi. Ekosistemnya ya. Ternyata inspirasi datangnya bukan dari musisi yang atas-atas tapi justru dari musisi jalanan," katanya.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif