Artwork album Menari dengan Bayangan. (Foto: Dok. Sun Eater)
Artwork album Menari dengan Bayangan. (Foto: Dok. Sun Eater)

Upaya Sembuh dari Hindia di Album Perdana Menari dengan Bayangan

Hiburan Musik Indie
Cecylia Rura • 29 November 2019 14:58
Jakarta: Hindia akhirnya melepas album perdana yang diberi tajuk Menari dengan Bayangan. Album yang memuat 12 nomor lagu itu merangkum kisah personal Baskara Putra, sosok di balik nama panggung Hindia. Hal itu bermula pada awal tahun lalu ketika dia menghadiri konser John Mayer di Indonesia.
 
"Tiba-tiba pulang dari konser itu gue berpikir banyak sampai enggak bisa bangun. Selama kontemplasi dalam dua minggu itu, gue mulai berpikir kayak, 'Apa saja yang sudah gue alami di hidup ini yang mungkin bikin gue jadi kayak ini sekarang? Apa yang salah? Apa yang bisa lebih baik lagi?'" Baskara dalam keterangan resmi.
 
Menerjemahkan keresahan itu, Baskara bertemu Petra Sihombing dan memulai proyek kolaborasi untuk membidani beberapa karya Hindia. Baskara memercayakan karya-karyanya di tangan Petra Sihombing yang sudah berpengalaman di dapur produksi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menari dengan Bayangan memuat 12 nomor lagu yang merangkum kondisi titik rendah Baskara, membenci kehidupan, kenangan masa kecil dan cinta-cita, pengakuan kesalahan, penyelasan seputar karier dan cinta, serta keikhlasan.
 
"Gue percaya kalau cerita pribadi punya kekuatan yang jauh lebih kuat, yang entah kenapa bisa menggerakkan orang lebih jauh dibanding wejangan umum. Karena kadang-kadang orang baru terbuka, bercerita, dan merasa disembuhkan kalau dia punya kedekatan sama orang yang mengobrol sama dia," kata musisi berusia 25 tahun itu.
 
Baskara menambahkan, keterbukaan itu dimulai dari diri sendiri hingga akhirnya dapat saling menyembuhkan. Bahkan untuk mengorbankan dimensi privasinya untuk membantu orang lain agar bisa sembuh.
 
Album Menari dengan Bayangan memuat singel Evakuasi, Wejangan Mama, Besok Mungkin Kita Sampai, Jam Makan Siang, Dehidrasi, Untuk Apa/Untuk Apa?, Voice Note Anggra, Secukupnya, Belum Tidur, Apapun yang Terjadi, Membasuh Rumah Ke Rumah, Mata Air, Wejangan Caca, dan Evaluasi. Baskara memuat voice note para perempuan penting dalam hidupnya, termasuk sang bunda.
 
Selain Petra Sihombing, pengerjaan album Menari dengan Bayangan turut melibatkan Kareem Soenharjo, Rizky Indriyadi, Adhe Arrio, Ibnu Dian, Rayhan Noor, dan Wisnu Ikhsantama. Sejumlah musisi juga diajak berkolaborasi yakni Sal Priadi, Rara Sekar, Matter Mos, Mohammed Kamga, Natasha Udu, Enrico Octaviano, dan Dicky Renanda.
 
Setelah merilis singel secara berkala, album Hindia dengan tajuk Menari dengan Bayangan telah dirilis di bawah Sun Eater dan sudah dapat didengarkan sejak 29 November 2019.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif