D'Masiv (Foto: dok, Musica Studios)
D'Masiv (Foto: dok, Musica Studios)

D'Masiv Rilis Album Ke-Tujuh, Hadirkan Qorygore, Fiersa Besari sampai Eross Sheila On 7

Agustinus Shindu Alpito • 25 Februari 2022 19:35
Jakarta: Grup band D'Masiv resmi merilis album ke-tujuh mereka yang diberi judul Time. Album berisi sepuluh track ini disebut vokalis Rian Ekky Pradipta sebagai album yang berbeda dari album-album D'Masiv sebelumnya, karena menampilkan sisi liar mereka dalam eksplorasi musik.
 
Sisi eksplorasi yang dimaksud D'Masiv dalam album ini terdengar dalam beberapa track yang secara musikalitas cukup berbeda, mulai dari disko, funk, sampai track yang bernuansa gospel. D'Masiv juga menghadirkan sejumlah kolaborator, yaitu Fiersa Besari, Fariz RM, Qorygore, Rayen Pono, Regina Poetiray, Feel Koplo, sampai Eross Candra.
 
"Kami mencoba kembali seperti album pertama, mengerjakan album tanpa beban," kata Rian kepada Medcom.id, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Album ke-tujuh D'Masiv ini sekaligus membuktikan kesolidan mereka selama 19 tahun di industri musik, meski diterpa berbagai persoalan. Termasuk isu perpecahan internal yang sempat menerpa band ini pada 2019. Lepas dari itu, D'Masiv kini kokoh dan menjadi satu dari sedikit band yang mampu menjaga keutuhan personel dalam rentang waktu yang cukup panjang.
 
“Kenapa TIME? Itu sesuai banget dengan keadaan: kami kerjakan pas pandemi, kami punya banyak waktu untuk bisa banyak mengobrol serta memikirkan band ini akan jadi apa ke depan. Ada sedikit rasa emosional terhadap keadaan, orang banyak kehilangan di masa itu, ada yang merasa punya banyak waktu buat keluarga, ada juga yang menyesal enggak bisa punya waktu banyak lalu sudah ditinggal pergi oleh orang terkasih di masa pandemi,” kata gitaris Nurul Damar Ramadhan atau akrab disapa Rama, dilansir dari keterangan pers.
 
Hal menarik lain dari Time adalah keberanian D'Masiv untuk menulis lirik bahasa Inggris untuk pertama kali. Lagu berbahasa Inggris itu berjudul "Side by Side" dan dibawakan bersama YouTuber sekaligus rapper Qorygore. Dalam proses penulisan lirik bahasa Inggris, D'Masiv dibantu pegiat musik Hasief Ardiasyah. 
 
"Saya dikirim musik, nada vokal dan judul ‘Side by Side’ lewat WhatsApp. Sejam kemudian liriknya sudah beres dan dikirim balik. Lalu saat rekaman vokal, Rian bekerja keras untuk memastikan pelafalannya tepat,” kata Hasief Ardiasyah.
 
Adapun pemilihan Qorygore sebagai kolaborator menurut Rian sebagai penanda bahwa era baru D'Masiv yang lebih terbuka dengan ragam genre dan bentuk kolaborasi telah hadir.
 
“Warna vokalnya sebagai rapper menurut kami cukup unik, dan bisa dibilang lagu ini menunjukkan bahwa D’Masiv era baru telah hadir,” kata Rian.
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif