Mytha Lestari (Akrom Sukarya-JMSI)
Mytha Lestari (Akrom Sukarya-JMSI)

Garap Ulang Lagu Ada Band, Mytha Lestari Pilih Aransemen Jazz

Hiburan Mytha Lestari
Purba Wirastama • 15 Mei 2019 22:15
Jakarta: Mytha Lestari, penyanyi jebolan ajang Mamamia, terlibat sebagai salah satu penyanyi untuk album kompilasi lagu terbaik ciptaan Krishna Balagita, eks kibordis Ada Band. Mytha membawakan versi aransemen terbaru untuk lagu populer Ada Band dari tahun 2004, Setengah Hati.
 
Semula, Mytha sebetulnya ingin menyanyikan nomor wajib Ada Band, Manusia Bodoh. Namun setelah diskusi dengan Krishna, dia mengambil Setengah Hati yang dianggap lebih pas. Dari situ, muncul gagasan dari Mytha untuk menggarap ulang lagu tersebut dengan pendekatan musik jazz. Krishna setuju.
 
"Jadi, Setengah Hati ini kami bikin benar-benar jazz. Musiknya jazz banget – jauh dari lagu yang dulu," kata Mytha dalam acara perilisan album di KFC Kemang, Rabu, 15 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Album ini diproduksi Galeri Musik Indonesia (GMI) dan memuat 11 lagu, termasuk satu lagu instrumental sebagai penutup. Album dirilis GMI bersama Jagonya Musik & Sport Indonesia (JMSI) dengan judul "20 Tahun Berkarya Krishna Balagita".
 
Bagi Mytha sendiri, dia butuh waktu latihan selama sebulan sebelum akhirnya masuk dapur rekaman. Aransemen ulang lagu ini cukup menantang karena mereka harus mengganti nada dasar tepat untuk Mytha. Aslinya, Setengah Hati dibuat untuk vokalis Donnie Sibarani, tetapi kini dibawakan oleh penyanyi perempuan.
 
"Sulit banget. Mungkin habis setengah jam sendiri, cuma mencari nada dasar karena dari bait ke refrain, naiknya 2,5 (nada dasar) kalau enggak salah," ujar Mytha.
 
"Sebulan, aku benar-benar latihan. Aku minta musiknya sudah jadi lebih dulu. Karena musiknya dibikin jazz banget, aku harus benar-benar kayak, begini, begini. Latihan sebulan sendiri untuk mendalami karakternya, tetapi alhamdulilah sewaktu rekaman, hanya tiga jam dan beres," imbuhnya.
 
Kendati merasa cukup puas sesuai ekspektasi, Mytha sadar tidak mungkin dirinya membungkus ulang lagu tersebut di luar citra kuat Donnie Sibarani. Menurut Mytha, aransemen ulang dalam jazz adalah cara mereka untuk "memperbarui tanpa harus menghilangkan bayang-bayang Mas Donny".
 
Selain Setengah Hati dan Manusia Bodoh, sembilan lagu lain dalam album ini adalah Langit Tujuh Bidadari, Karena Wanita, Masih - Sahabatku, Kekasihku, Kau Auraku, Yang Terbaik Bagimu - Ayah, Haruskah Ku Mati, Laksana Surgaku, Ku Tak Bisa, serta Jadikan Aku Raja.
 
20 Tahun Berkarya Krishna Balagita sudah dirilis secara digital di sejumlah platform streaming dan unduhan. Rilisan fisiknya dalam format CD sudah tersedia di seluruh gerai KFC.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif