The Papandayan Jazz Competition (Foto: instagram)
The Papandayan Jazz Competition (Foto: instagram)

The Papandayan Jazz Competition Diadakan Online, Total Hadiah Rp80 Juta

Hiburan Papandayan Jazz Festival The Papandayan Jazz Festival
Sunnaholomi Halakrispen • 18 Agustus 2021 19:16
Jakarta: The Papandayan Jazz Festival (TPJF) telah diadakan rutin sebagai salah satu program musik jazz ikonik Indonesia. Namun, acara yang digelar di The Papandayan Bandung ini terpaksa tidak berlangsung pada lalu akibat kondisi pandemi. Kabar baiknya, tahun ini akan diadakan secara online.
 
TPJF 2021 mengusung tema Jazz Enjoy It. Ini bakal menjadi momen selebrasi dan melting pot musisi dan peminat jazz yang tak hanya berada di Bandung, Jakarta, dan sekitarnya. Melainkan, juga menjangkau pendengar yang lebih luas.
 
Begitu juga musisi yang dilibatkan akan lebih variatif dibandingkan sebelumnya. Selain musisi dan band terkemuka tanah air, festival ini juga dimeriahkan oleh band-band hasil seleksi ketat oleh tim juri berkompeten TP Jazz – International Jazz Competition.
 
International Jazz Competition sendiri adalah kompetisi band jazz yang dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom conference dan social media. Tujuannya, untuk menemukan talenta jazz baru dan membantu mengenalkan musisi jazz baru Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada proses penyeleksian peserta, TP Jazz Management mengundang musisi jazz kelas dunia, Ben Van Gelder. Jajaran dewan juri juga akan diisi oleh Dwiki Dharmawan, Eki Puradireja, Venche Manuhutu, dan Hari Pochang.
 
"Pandemi membuat musisi tidak bisa apa-apa karena kegiatan musik tidak boleh diselenggarakan. Menurut saya, ini adalah salah satu kegiatan baik yang menjadi wadah bagi mereka bangkit kembali," ujar Eki Puradiredja.
 
"Enggak hanya junior tapi juga senior. Bahkan yang daftar banyak senior, ini yang kami perkirakan benar-benar terjadi ternyata. Mungkin karena cukup lama mereka tidak berkreasi dalam musik. Dan ini suatu hal baru untuk Papandayan sendiri walaupun dicita-citakan sudah lama," tambahnya.
 
Pendaftaran kegiatan yang didukung oleh Media Group News ini telah berlangsung hingga 27 September 2021. Rangkaian acara dari Road to TPJF 2021 ini terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan, semifinal, dan grand final.
 
Pada babak pamungkas, akan dipilih empat band terbaik untuk memperebutkan gelar Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Favorit. Daftar pemenang akan diumumkan pada bulan Desember, tepatnya saat TPJF 2021.
 
Total hadiah yang akan didapatkan pemenang ialah senilai Rp80 juta serta mendapatkan hadiah dari sponsor. Juara pertama akan mendapatkan piala TPJC berlapis emas, uang senilai Rp35 juta (belum termasuk pajak), kesempatan kolaborasi dengan musisi Belanda, dan tampil di TP Jazz Festival 2022.
 
Juara kedua akan mendapatkan piala TPJC berlapis emas, Rp20 juta (belum termasuk pajak), dan tampil di TP Jazz Festival 2022. Sedangkan juara ketiga, akan mendapatkan piala TPJC berlapis emas, uang senilai Rp15 juta (belum termasuk pajak), dan tampil di TP Jazz Festival 2022.
 
Terakhir, juara favorit, akan mendapatkan piala TPJC berlapis emas dan uang senilai Rp10 juta (belum termasuk pajak). Namun, kegiatan yang disponsori oleh Erasmus Huis ini tidak hanya memberikan penghargaan kepada para pemenang.
 
Sebab, seluruh peserta yang mengikuti TPJC akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat partisipasi. Panduan dan informasi untuk bergabung di TPJC dapat diakses melalui https://www.mediagroupnews.com/tpjazz.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif