Adele berhasil meraih lima penghargaan di ajang Grammy Awards 2017 (Foto: Billboard)
Adele berhasil meraih lima penghargaan di ajang Grammy Awards 2017 (Foto: Billboard)

Penjualan Musik Adele Meningkat Pasca Grammy Awards

Agustinus Shindu Alpito • 14 Februari 2017 12:07
medcom.id, Los Angeles: Grammy Awards memiliki efek bola salju bagi para musisi yang mampu menembusnya. Menurut laporan lembaga riset Nielsen Music, lagu yang ditampilkan dalam Grammy Awards mengalami lonjakan penjualan hingga 207 persen.
 
Lonjakan itu tercatat dari penjualan sistem unduh di Amerika Serikat, di hari Grammy Awards berlangsung, 12 Februari 2017.
 
Data yang dimiliki Nielsen menunjukkan pada hari sebelumnya, angka penjualan sistem unduh berkisar pada 58.000 unduhan. Namun pada 12 Februari 2017, mencapai angka 178.000 unduhan.

Sedangkan data lainnya, jumlah penonton Grammy melonjak 4 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, penonton Grammy Awards di televisi menembus angka 26,05 juta, sedangkan pada tahun 2016 tercatat 24,93 juta.
 
“Reaksi langsung dan mengesankan ini membuktikan kekuatan yang tak tertandingi dari Grammy Awards untuk menjangkau audiens yang luas dan melibatkan penggemar,” kata David Bakula, Senior VP Global Product Leadership dan Industry Insights untuk Nielsen Music.
 
Adele didaulat membuka Grammy Awards dengan menyanyikan lagu Hello. Lagu itu langsung mengalami peningkatan penjualan sebesar 255 persen. Hello terjual secara digital di angka 6.000 unduhan - pada hari Grammy Awards berlangsung. Satu hari sebelum Grammy Awards, singel Hello terjual kurang dari 2.000 kopi.
 
Hello memenangkan Grammy Awards kategori Record of The Year, Song of The Year, dan Pop Solo Performance. Lagu itu juga memegang rekor sepuluh pekan di puncak tangga lagu Billboard Hot 100.
 
25, album terbaru Adele yang juga memuat track Hello terpilih sebagai Album of The Year dan Best Pop Vocal Album.
 
Peningkatan penjualan juga dialami oleh Beyonce, album Lemonade diunduh sebanyak 21.000 kali pada 12 Februari lalu, sedangkan pada tanggal 11 Februari - satu hari sebelum Grammy Awards berlangsung - album itu diunduh 11.000 ribu kali.
 
Katy Perry yang dalam penampilannya membawakan singel baru berjudul Chained to the Rhytm juga mengalami hal sama. Singel itu terjual 24.000 kali, sehari sebelum Grammy Awards singel itu terjual 11.000 unduhan.
 
Hal serupa juga terjadi pada lagu-lagu lama milik Bee Gees yang dinyanyikan dalam Grammy Awards. Masih menurut catatan Nielsen, lagu Stayin’ Alive, Tragedy, How Deep Is Your Love, dan Night Fever menembus 6.000 unduhan, satu hari sebelumnya singel-singel itu hanya menembus angka 1.000 unduhan
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(DEV)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan