Pengisi Acara Pagelaran Sabang Merauke Makin Giat Berlatih (Foto: instagram)
Pengisi Acara Pagelaran Sabang Merauke Makin Giat Berlatih (Foto: instagram)

Kikan Namara dan Pengisi Acara Pagelaran Sabang Merauke Makin Giat Berlatih

Elang Riki Yanuar • 05 November 2022 17:27
Jakarta: Menjelang hari puncak, ratusan seniman dan puluhan musisi pengisi acara Pagelaran Sabang Merauke semakin giat berlatih. Latihan dilakukan di dua lokasi yakni Yogyakarta dan Jakarta.
 
Di Yogyakarta, ada 144 penari profesional berlatih puluhan tarian daerah dan kontemporer. Para penari ini berasal dari sejumlah daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali hingga Papua. menuturkan, keterlibatan para penari daerah menjadi elemen penting guna menyajikan pertunjukan spektakuler di atas panggung.
 
“Karena masyarakat sudah tahu seperti apa pementasan Pagelaran Sabang Merauke melalui dua pertunjukan sebelumnya, otomatis kami akan memberikan penampilan yang berbeda kali ini. Kehadiran para penari daerah menjadi penting karena kita bisa sama-sama menggali lebih dalam kekentalan koreografi dan unsur-unsur ikonik di daerah tersebut yang bisa ditonjolkan lebih kuat lagi," kata Koreografer Pagelaran Sabang Merauke, Sandhidea Cahyo Narpati dalam keterangan tertulisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pagelaran Sabang Merauke akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Sabtu – Minggu, 12 – 13 November 2022. Acara yang diprakarsai oleh iForte dan BCA ini coba mengajak penontonnya bisa semakin mengenal dan mencintai khazanah budaya peninggalan leluhur bangsa.
 
"Kami juga berharap para penonton membawa pulang rasa bangga dan rasa ikut memiliki kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Ini menjadi tantangan besar, kami akan bekerja keras sehingga pesan tersebut bisa divisualisasikan dengan apik di atas panggung nanti," katanya.
 
Kikan Namara dan Pengisi Acara Pagelaran Sabang Merauke Makin Giat Berlatih
 
Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya sudah pernah digelar di Candi Prambanan dan Yogyakarta. Tingginya animo masyarakat membuat pagelaran ini kembali digelar. Bedanya, Pagelaran Sabang Merauke kali ini bakal berkolaborasi dengan paduan suara Batavia Madrigal Singers. Juara European Grand Prix for Choral Singing 2022 ini terlibat di delapan lagu daerah dan nasional yang akan menambah kemegahan musikalitas Pagelaran Sabang Merauke.
 
"Kalau dilihat dari dua pertunjukan sebelumnya, konsep Pagelaran Sabang Merauke ini sangat menarik karena memadukan lagu daerah dari Sabang sampai Merauke lengkap dengan tari-tariannya menjadi sebuah kesatuan dan merepresentasikan nilai-nilai kebinekaan bangsa. Kami bersyukur punya kesempatan ikut tampil dalam pementasan yang bagus ini," kata Aksa Syadri, Koordinator Batavia Madrigal Singers.
 
Pagelaran Sabang Merauke mengusung konsep live performance yang akan menyajikan 22 lagu yang berisikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional. Dari sisi musikalitas juga dimeriahkan dengan kehadiran musisi muda Swain Mahisa yang bakal bergabung dengan lima penyanyi lainnya, Kikan Namara, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan.
 
"Ini adalah pengalaman pertama saya tampil dengan 144 lebih penari.Pagelaran Sabang Merauke ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Semoga anak-anak muda seperti saya maupun generasi lainnya tersentuh hatinya untuk mengenal kembali budaya kita," kata Swain.
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif