Konser reuni Jikustik di Jakarta (Foto: Medcom/Elang)
Konser reuni Jikustik di Jakarta (Foto: Medcom/Elang)

Tawa dan Air Mata di Konser Reuni Jikustik Jakarta

Hiburan Jikustik Ulasan Konser
Elang Riki Yanuar • 20 Juli 2019 06:12
Jakarta: Butuh waktu satu dekade bagi Icha, Dadikz, Adhit, Carlo, dan Pongki untuk tampil lagi di Jakarta dengan panji Jikustik. Jumat, 19 Juli 2019 malam, pertemuan mengharukan lima orang sahabat yang sempat terpisah itu terjadi dalam sebuah konser reuni.
 
Tampil selama lebih dari dua jam, Jikustik seperti tahu betul bagaimana memaknai arti sebuah pertemuan kembali yang penuh warna. Tidak hanya mengajak penonton bernostalgia dengan lagu-lagu mereka, Jikustik formasi reuni memberikan banyak tawa hingga air mata dalam konser reuni di Jakarta.
 
Mengawali konser dengan lagu Maaf, Pongki langsung menyapa penonton yang memadati Balai Sarbini, Jakarta. Dia menunjukkan talentanya yang lain: melawak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hampir setiap sebelum membawakan lagu, Pongki mengeluarkan kelakar-kelakar yang membuat penonton tak berhenti tertawa. Dia juga berfungsi sebagai "pengumpan" lawakan bagi personel lain yang memang lebih dikenal kalem dan pendiam seperti Icha, Dadikz, Adit dan Carlo.
 
Sepuluh tahun lalu, hubungan Pongki dan Jikustik bisa dibilang tidak baik-baik saja. Di pengujung kariernya bersama band asal Yogyakarta itu, komunikasi Pongki dengan mulai membeku. Terlebih lagi dengan Icha. Karena itu, ejekan paling seru yang dilontarkan Pongki ditujukan ke Icha.
 
"Kamu keluar (Jikustik) gara-gara Dadikz, kalau aku keluar gara-gara kamu," seloroh Pongki kepada Icha.
 
Tawa dan Air Mata di Konser Reuni Jikustik Jakarta
Konser reuni Jikustik (Foto: Medcom/Elang)
 
Olokannya kepada para empat personel Jikustik lain selalu berhasil mengundang tawa. Perseteruan yang pernah menghiasi hubungan lima sekawan itu seolah sirna. Semua ketegangan berubah menjadi cair. Tak heran, sedari awal mereka menyebut konser ini adalah rekonsiliasi.
 
"Intinya setelah kami tidak satu band, kami malah jadi sering ngobrol," ungkap Pongki dalam jumpa pers sebelum konser reuni.
 
Malam tadi, Jikustik membawakan lagu-lagu hit yang mengantarkan mereka ke jalur popularitas. Sebut saja seperti Tak Ada yang Abadi, Untuk Dikenang, 1000 Tahun Lamanya, hingga Meninggalkanmu.
 
Icha seperti tak mau kalah dari Pongki. Dia kerap melontarkan lelucon-lelucon yang membuat penonton tertawa. "Sejak saya keluar sebagai basis, Jikustik tidak pernah menyanyikan lagu ini. Cuma saya yang bisa," ucap Icha sebelum menyanyikan lagu Saat Kau Tak Di Sini.
 
Tak hanya saling lempar candaan terhadap rekannya di atas panggung, Pongki juga aktif berkomunikasi dengan penonton. Seorang penonton wanita bahkan dia ajak naik ke atas panggung. Usut punya usut, si penonton remaja tadi datang bersama sang ibu yang dulu menggemari Jikustik.
 
Seperti yang sudah mereka janjikan, Jikustik memang mencoba lebih intim dan dekat dengan para penontonnya. Pongki dan Icha yang kerap bergantian memegang kendali mikrofon sesekali turun menghampiri penonton untuk mengajak bernyanyi bersama.
 
Tawa dan Air Mata di Konser Reuni Jikustik Jakarta
Konser reuni Jikustik di Jakarta (Foto: Medcom/Elang)
 
Puncak interaksi itu adalah ketika Pongki meminta seorang penonton pria yang mengenakan kaos Jikustik naik ke atas panggung. Sebagai bentuk terima kasih, Pongki memberikan gitarnya kepada penonton itu. Aksi pemberian gitar itu dilakukan setelah Jikustik membawakan lagu Tetap Percaya. Vokalis Jikustik yang baru, Brian menjadi penyanyi tamu di lagu ini.
 
Setelah keceriaan itu, suasana mendadak menjadi syahdu ketika membawakan lagu Puisi. Pongki dan Icha yang sedari tadi banyak bicara mendadak melankolis. Air mata mengalir dari keduanya. Mereka sepertinya sadar sudah berada di akhir konser yang artinya tidak bisa lagi bersama di panggung. Icha paling emosional.
 
"Saya sedih kalau ingat mungkin ini terakhir kalinya kami ketemu di panggung," ucap Icha sembari menangis.
 
Tawa dan Air Mata di Konser Reuni Jikustik Jakarta
Icha Jikustik tampak menangis ketika membawakan lagu Puisi (Foto: Medcom/Elang)
 
Konser reuni Jikustik akhirnya berakhir setelah Akhiri Ini dengan Indah dipilih menjadi lagu penutup. Kebersamaan Pongki, Icha dan Jikustik di atas panggung tuntas setelah menyajikan 20 lagu. Mereka berhasil mengulangi formula konser reuni yang sebelumnya dihelat di Yogyakarta Maret 2019.
 
Mulai hari ini, tiga fragmen yang dulu pernah bersatu itu menjalani karier masing-masing.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif