Fourtwnty (Foto: Antara Foto/Fathurrozak Jek)
Fourtwnty (Foto: Antara Foto/Fathurrozak Jek)

Fourtwnty: Kami Tidak Mengangkat Isu Sosial Palsu!

Hiburan indonesia musik Fourtwnty
Medcom • 23 Oktober 2021 10:00

 
Nama Fourtwnty sendiri kian melejit setelah lagunya yang berjudul "Zona Nyaman" digunakan sebagai original soundtrack dari film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody pada 2018 silam. Dari situ, nama Fourtwnty semakin dikenal hingga pada tahun 2019, mereka membuat tur konser tunggal perdana bertajuk Heliotropisme. Tidak tanggung-tanggung, dalam tur konser ini, Fourtwnty mendatangi 10 kota di Indonesia. Semua proses termasuk promosi penjualan tiket mereka lakukan bersama-sama secara independen dan berhasil positif.
 
Kesuksesan Fourtwnty tidak lepas dari perjuangan keras serta perjalanan Panjang yang mereka tempuh. Faktanya, Band yang telah terbentuk sejak tahun 2010 ini, sempat hampir bubar. Peristiwa tersebut terjadi di tahun 2015. Pada saat itu, Fourtwnty yang telah merilis albumnya merasa tidak ada perubahan yang signifikan secara ekonomi sehingga muncul gagasan tersebut. Ari Lesmana dan kawan-kawan menganggap peristiwa itu sebagai titik terendah mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Titik terendah Fourtwnty, pernah mau dibubarin. Pada tahun 2015 kami udah punya album, tetapi kok kehidupannya masih gini-gini saja secara ekonomi. dan pada saat itu kebutuhannya lagi banyak. Ada yang mau nikah, ada yang mau lanjut kuliah, ada yang harus kerja lagi. Akhirnya kita kasih target lah, kalo gak jalan juga yaudah kita bubar. Eh, ternyata tuhan berkata lain.” Ucap Ari.
 
Tidak berhenti sampai di situ, perjalanan Fourtwnty juga sempat tehambat karena seringkali dimanipulasi oleh beberapa orang yang punya niat buruk terhadap mereka.
 
“Karena Fourtwnty polos semua, gampang percaya sama orang, jadi ada beberapa orang yang mau menjatuhkan kami. Alhamdulillah setelah banyak masalah itu, kami seleksi orang-orang tersebut. akhirnya Fourtwnty menjadi semakin kokoh. Semoga enggak ada lagi orang-orang jahat yang mau menjatuhkan Fourtwnty,” Prim melanjutkan.
 
Terlepas dari pengalaman duka yang pernah dialami, Pelantun “Fana Merah Jambu” tersebut membagikan perasaan sukanya dalam berkarya sebagai musisi independen.
 
Fourtwnty: Kami Tidak Mengangkat Isu Sosial Palsu!
(Fourtwnty saat berkunjung ke Media Group, dengan formasi live tahun 2016. Foto: MI/Panca Syurkani) 
 
“Enaknya jadi musisi indie ya bisa jalan-jalan, bisa mencoba makanan di berbagai tempat,” ungkap Ari.
 
Additional player sekaligus produser musik, Fourtwnty, Andi "Kew" Armand mengatakan “Sukanya ya lebih bebas. Indie itu lebih tidak diatur, lebih bebas berekspresi. tidak ada aturan dan pola nya begitu.”
 
“Kalo label kan bulan ini harus rilis ini, minggu ini harus ini. Kalau kami lebih sering melakukan sekadar diskusi soal perilisan. karena ini yang kita suka saja sih, jadi enggak merasa terkungkung begitu.” Ari menambahkan.
 
Kebebasan yang dirasakan oleh Fourtwnty membuat mereka leluasa dalam membuat sebuah karya seni. Di tengah masa pandemi yang tidak kunjung selesai, mereka justru banyak menghasilkan karya dan bukan hanya di bidang musik. Mereka menyatakan bahwa di era pandemi ini, mereka bisa survive dengan cara tetap produktif dengan membuat hal apapun yang memungkinkan. Fourtwnty membocorkan bahwa nantinya akan ada kerjasama dengan sebuah brand sepatu, serta akan memproduksi sebuah film yang diadaptasi dari salah satu mereka.
 
Ini merupakan hal yang unik sekaligus baru dalam perjalanan karya seni Fourtwnty. Mereka mengaku ingin berkesenian di ranah yang berbeda serta ingin tahu bagaimana proses produksi film. Dalam film ini nantinya, semua anggota dari Fourtwnty akan ikut andil pada semua proses produksi, dari praproduksi hingga pascaproduksi sebagai kru, bukan sebagai pemain.
 
Di penghujung wawancara, tak lupa Fourtwnty mendoakan para penggemarnya untuk selalu sehat dalam kondisi pandemi ini.  “Sehat-sehat selalu, tetap sehat dan tetap waras!” tukas Fourtwnty.
 
 
(ASA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif