Sha Ine Febriyanti Kaget Ditawari Hanung Peran Ontosoroh di Bumi Manusia
Sha Ine Febriyanti dan Ayu Laksmi Bukan Kandidat Aktris Baru bagi Bumi Manusia (Foto: Medcom/Purba)
Yogyakarta: Alihkan perhatian sejenak dari Minke dan Iqbaal Ramadhan atau Annelies dan Mawar Eva. Kisah dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer punya dua tokoh wanita lain yang juga akan dihidupkan ke versi film layar lebar, yaitu Ontosoroh dan Bunda, diperankan oleh Sha Ine Febriyanti dan Ayu Laksmi.

Bagi Ine dan Ayu, proyek film adaptasi Bumi Manusia bukanlah rencana baru. Mereka pernah hampir terlibat di proyek film terdahulu dari sineas dan rumah produksi lain.

"Beberapa kali, saya dipanggil oleh sutradara lain yang ingin membuat (film Bumi Manusia) dan enggak jadi juga," kata Ine dalam jumpa pers di Studio Alam Gamplong Yogyakarta, Kamis, 24 Mei 2018.


Untuk proyek film terkini dari Falcon Pictures, ajakan bermain untuk Sha Ine datang langsung dari sutradara Hanung Bramantyo pada April 2018.

"Saya kaget juga Hanung Bramantyo meminta saya datang. Enggak pernah, seumur-umur, (Hanung) menghubungi saya (untuk audisi film). Lalu saya bertanya, 'Mas Hanung lagi bikin apa sih?' Lalu dia bilang, Bumi Manusia," ungkap Ine.

"Saya tak pikir panjang lagi. Saya datang, dan ternyata saya diminta untuk audisi Ontosoroh, dan inilah (yang terjadi)," lanjutnya.

Ine mengaku jatuh cinta dengan karakter Ontosoroh sejak pertama kali dia membaca novel ini 22 tahun lalu saat masih berusia 20. Satu dekade kemudian, dia mendengar ada rencana pementasan teater adaptasi Bumi Manusia oleh sutradara WS Rendra. Dia ikut audisi dengan harapan terpilih sebagai pemeran Ontosoroh.

Namun peran tersebut jatuh ke Happy Salma. Dia mendapat peran sebagai Magda Peters dan sempat ikut latihan beberapa bulan, meskipun pada akhirnya tidak jadi ikut pentas. Ine mengaku bersyukur karena mendapat kesempatan belajar dalam proses mendalami karakter Ontosoroh.

"Ini salah satu karakter impian saya (...). Saya rasa Ontosoroh itu adalah perempuan yang luar biasa agung. Saya membayangkan saja, hati saya sudah bergetar. Wow, mudah-mudahan saya bisa menampung keagungan Ontosoroh di Bumi Manusia yang akan dibuat Mas Hanung," imbuhnya.

Ayu sama halnya seperti Ine. Dia pernah disunting untuk salah satu peran di proyek film Bumi Manusia dari sutradara sebelumnya. Kata Ayu, dia membawa novelnya setiap kali pergi untuk dibaca dalam perjalanan.

"Saya pernah mencoba untuk begitu mencintai 'Bumi Manusia', ke mana-mana bawa novel. Kemudian, setelah beberapa saat, kami saling melupakan, terpaksa untuk saling melupakan. Kayak orang pacaran, sudah jatuh cinta, ditinggal," ungkap Ayu menggambarkan relasinya dengan proyek film saat itu.

Namun kesempatan itu akhirnya kembali datang melalui proyek adaptasi versi Hanung dan Falcon. Ayu dipercaya menjadi Bunda, ibu dari Minke dan istri Bupati. Tokoh Bupati akan diperankan oleh Donny Damara.

"Kini saya mencoba untuk saling mencintai. Namanya jodoh, sekalipun jauh dan sudah dilupakan, balik lagi," tukas Ayu.

Film Bumi Manusia akan disutradarai Hanung berdasarkan naskah garapan Salman Aristo bersama tim Wahana Penulis. Produksi akan dilakukan Dapur Film untuk Falcon Pictures dengan produser Frederica dan HB Naveen. Rencananya, proses syuting dimulai pada akhir Juli 2018 dan berlangsung selama sekitar satu bulan.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id