Film Flu. (Foto: Dok. via Variety)
Film Flu. (Foto: Dok. via Variety)

7 Film yang Menceritakan Perjuangan Manusia Melawan Virus Penyakit

Hiburan trivia film
Cecylia Rura • 28 Januari 2020 17:02
Jakarta: Ketika dunia diguncang wabah virus mematikan, tingkat kewaspadaan negara mulai ditingkatkan dari berbagai sektor. Termasuk di tingkat medis dan masyarakat yang saling mewawas diri.
 
Film sebagai medium penyampai pesan dan tak jarang menerka masa depan menyampaikan berbagai gagasan lewat sejumlah genre, termasuk tentang riwayat epidemi apa saja yang dihadapi masyarakat, drama di dalamnya, dan cara pencegahannya.
 
Berikut sejumlah film yang menggambarkan situasi masyarakat ketika menghadapi epidemi dunia:
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. I Am Legend (2007)
 
Sutradara: Francis Lawrence
Pemain: Will Smith, Willow Smith, Alice Braga, Charlie Tahan, Salli Richardson-Whitfield, Emma Thompson
 
Seorang ilmuwan ahli virus dari markas militer, Robert Neville menghadapi persebaran virus mematikan di New York City. Neville menjadi manusia tersisa setelah semua manusia punah akibat virus yang semula diperuntukkan untuk pasien kanker.
 
Virus ini mengubah manusia menjadi mutan yang haus akan darah. Mereka aktif bekerja di malam hari untuk mencari makanan. Semasa hidupnya, Neville bersama anjingnya, Sam, mencoba bertahan sembari menemukan obat penangkal virus.
 
Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Richard Matheson rilisan 1954.
 

 
2. The Crazies (2010)
 
Sutradara: Breck Eisner
Pemain: Timothy Olyphant, Radha Mitchell, Joe Anderson
 
Virus yang disinyalir bernama trixie mengubah perilaku penduduk Ogden Marsh di Iowa menjadi brutal dan membakar sanak keluarganya sendiri. Sherif David bersama sang istri, Judy, seorang dokter, menemukan perilaku anomali penduduk di Iowa.
 
Virus tersebut diduga berasal dari pesawat militer bermuatan bahan mencurigakan jatuh di stok air kota tersebut sehingga mencemari tingkah laku penduduk. Pihak militer melakukan pemeriksaan.
 
David lolos, tetapi sayang Judy yang dalam keadaan hamil tak bisa ikut dalam karantina hingga mereka terpisah. David bersama asistennya berusaha kabur melindungi Judy dan terpaksa bersembunyi di kota dengan penduduk yang telah tercemar virus.
 
Film ini dibuat kembali dari film sebelumnya berjudul sama karya George A. Romero rilisan 1973.
 

 
3. Contagion (2011)
 
Sutradara: Steven Soderbergh
Pemain: Gwyneth Paltrow, Jude Law, Jate Winslet, Marion Cotillard, Matt Damon
 
Beth Emhoff mengalami flu berat sepulang dari perjalanan bisnis dari Hong Kong. Beth mampir ke Chicago mengunjungi kekasihnya, lalu terbang Minneapolis berkumpul bersama keluarga.
 
Beth tanpa sengaja menularkan virus tersebut kepada putranya yang berusia 6 tahun. Kondisi Beth menurun hingga sempat pingsan dan kejang-kejang. Suami Beth, Mitch kemudian membawanya ke rumah sakit tapi tak tertolong. Clark, putra Beth dari pernikahan pertama juga terserang penyakit yang sama dan meninggal dunia.
 
Mitch ditempatkan di ruang isolasi, tetapi dia memiliki imun yang kuat. Dia pun bebas dan pulang ke rumah bersama putrinya Jory. Mitch mendapati istrinya berselingkuh sebelum meninggal. Sementara itu, orang-orang yang sebelumnya melakukan kontak fisik dengan Beth rupanya telah terinfeksi virus.
 
Virus tersebut diduga berasal dari kelelawar dan babi.
 

 
4. Flu (2013)
 
Sutradara: Kim Sung Soo
Pemain: Jang Hyuk, Soo Ae, Jang Su Bae
 
Wabah influenza H5N1 menyerang wilayah Bundang, Seongnam, Korea Selatan. Dampak wabah ini ditemukan setelah Ju Byung Woo dan Ju Byung Ki menemukan imigran ilegal meninggal dunia di sebuah kontainer tanpa sebab.
 
Virus ini menyebabkan kekacauan setelah persebarannya mengudara hingga menginfeksi populasi kota yang berjarang 20 kilometer dari Seoul. Virus ini menjadi ancaman bagi warga kota Seoul.
 
Seluruh profesi di berbagai sektor bekerja sama untuk mengatasi wabah ini. Mulai dari tenaga medis, pemadam kebakaran hingga pihak militer dan politisi merencanakan strategi pertahanan agar tidak menginfeksi wilayah di luar Korea.
 

 

5. Viral (2016)
 
Sutradara: Henry Joost, Ariel Schulman
Pemain: Sofia Black-D'Elia, Analeigh Tipton, Travis Tope, Machine Gun Kelly
 
Suasana kota tengah terjangkit virus misterius. Seluruh penduduk berdiam di rumah untuk berjaga. Emma dan Stacey tinggal berdua ketika ayah mereka menjemput ibu mereka yang terjebak di kota lain.
 
Kendati mereka terisolasi, Emma dan Stacey menyempatkan waktu hadir ke sebuah pesta tetangga bernama Evan. Acara tersebut berlangsung baik hingga seorang pria asing yang tampak terkena virus mematikan datang dan menyerang mereka.
 
Emma dan Stacey pulang ke rumah dan mengajak Evan ikut berlindung. Sayangnya, Stacey terkena muntahan dari pria tersebut dan diduga terjangkit virus. Celakanya, Stacey menjadi salah satu buruan pihak keamanan yang tengah mencari penduduk yang terjangkit virus tersebut.
 

 
6. Exit (2019)
 
Sutradara: Lee Sang Geun
Pemain: Jung Suk Jo, Yoon Ah Im
 
Seorang penjahat menebar gas beracun di pusat kota hingga menginfeksi seluruh kawasan Seoul, Korea Selatan. Bencana ini mengakibatkan warga yang terinfeksi gas tersebut sesak napas dan meninggal dalam sekejap.
 
Tanpa penggambaran nuansa horor, Exit justru memberikan latar cerita kisah keluarga dan krisis status sosial anak muda. Yong Nam dikenal sebagai pria berumur yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan bertemu dengan Eui Joo, asisten manajer yang dikaguminya.
 
Pertemuan mereka sejenak membawa nuansa drama romantis komedi, hingga akhirnya bayangan penonton buyar saat mereka harus bekerja sama sebagai tim melindungi masyarakat dan keluarga Yong Nam dari persebaran gas beracun.
 
Di balik kisah kehidupan yang berbeda, Yong Nam dan Eui Joo pernah bertemu di klub pemanjat tebing. Keahlian mereka berlari dan melompat dari satu gedung ke gedung lain digunakan untuk mencari korban yang membutuhkan perhatian helikopter agar segera terhindar dari gas beracun yang terus naik ke udara.
 

 
7. TheHot Zone (2019)
 
Sutradara: Michael Uppendahl, Nick Murphy
Pemain: Julianna Margulies, Noah Emmerich, James D'Arcy
 
Drama televisi Hot Zone menggunakan latar waktu 1989. Berkisah tentang seorang ilmuwan dari markas militer Nancy Jaax, DVM, ACVP mencoba menangkal persebaran virus ebola. Virus ini pertama kali diidentifikasi berasal dari seekor monyet.
 
Jaax tak menemukan penangkal virus tersebut. Dia pun mengabdikan hidupnya untuk mencari obat anti virus ebola sebelum menyebar luas ke masyarakat.
 
Drama televisi ini ditayangkan di stasiun National Geographic pada 2019. Kisah ini berdasarkan buku non-fiksi berjudul sama karya Richard Preston rilisan 1994.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif