NEWSTICKER
Akhir Kisah Cinta Si Doel. (Foto: Falcon Pictures)
Akhir Kisah Cinta Si Doel. (Foto: Falcon Pictures)

Ulasan Film Akhir Kisah Cinta Si Doel

Hiburan ulasan film Si Doel The Movie 3
Cecylia Rura • 04 Februari 2020 11:28
Jakarta: Kasdoellah akhirnya memilih siapa pendamping hidupnya. Dalam 27 tahun, cerita ini berlalu-lalang di layar sinetron hingga naik ke monitor bioskop. Sikap Doel membuat ketiga perempuan di hidupnya, Mak Nyak, Zaenab, dan Sarah sebal-sebal gemas. Nyaris tiga dekade hubungan segitiga emas ini digantung.
 
Dibandingkan dua film sebelumnya, Doel kali ini banyak diam dan memilih tak menjawab pertanyaan seputar Sarah atau Zaenab. Agak menjengkelkan memang, tapi penonton harus bersabar menunggu dialog Doel sebagai kunciannya.
 
Terbalik dengan Doel, Zaenab akhirnya memiliki banyak kesempatan untuk berbicara dan mengambil tindakan. Sebab, sebelumnya dia tampak pasrah-pasrah saja, yang penting dekat dengan Bang Doel dan menjaga Mak Nyak. Zaenab kali ini lebih emosional dan "dimanusiakan."
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim Zaenab bisa bernapas lega melihat Zaenab akhirnya melepas emosinya dan diberi kesempatan mengambil keputusan. Maka, sebagian cerita ini pun berjalan seperti melihat kebangkitan Zaenab yang banyak bungkam, akhirnya speak up atas kemerdekaan hidupnya.
 
Sarah yang tiba-tiba hadir bersama Doel Jr. setelah meninggalkan Doel, juga mengambil keputusan atas dasar ingin memiliki kehidupan yang tenang. Doel Jr. diperbolehkan tinggal di rumah ayahnya dan memelajari kehidupan ayahnya. Sembari itu terjadi, Sarah dan Zaenab masih berputar-putar saling mempersilakan duduk di singgasana sebagai istri Kasdoellah.
 
Sejak awal, dalam tubuh keluarga Doel juga sudah terbagi dua: Tim Sarah dan Tim Zaenab. Mak Nyak sejak cerita awalnya di masa lampau ingin melihat Doel bersama Zaenab. Sementara Almarhum Babe Sabeni dulu lebih memilih Sarah. Perdebatan ini pun diturunkan melalui Mandra yang lebih mendukung Sarah dan Atun yang mendukung Zaenab.
 
Di balik peliknya kisah cinta Doel, Sarah, dan Zaenab, Mandra masih memberikan aksi-aksi pemantik gelak tawa penonton bersama isu-isu sosial terkini. Kebahagiaan Mandra pun makin menjadi setelah tahu siapa Gadis, anak perempuan yang sempat ditolongnya dengan oplet.
 
Dari tajuk Si Doel Anak Sekolahan sampai berganti menjadi Akhir Kisah Cinta Si Doel secara tersirat memberi pergeseran makna. Semula kisah Doel untuk panjat sosial dari kultur Betawi dekat dengan kebarat-baratan, anak Betawi yang bisa berkuliah bersama gelar insinyur dengan harapan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Kini, berujung dengan pergulatan akhir kultur mana yang akan dia jalani seumur hidup melalui pendamping hidupnya. Singkatnya, dari kentalnya cerita budaya Betawi menjadi drama tak berkesudahan (telah berakhir).
 
Saripati pernikahan Doel dan Sarah sedikit menjawab, pernikahan mereka tak sekadar berlandaskan cinta. Sementara bersama Zaenab, Doel terus disusupi rasa bersalah karena cinta kasih Zaenab yang tak hanya untuk Doel, tapi juga Mak Nyak. Kendati begitu, Mak Nyak masih berpesan Doel untuk tidak poligami.
 
Terlepas dari kisah cinta Doel yang dinanti-nanti, pengalaman sinematik saat menonton masih diampuni dengan gerak-gerik kecil yang sedikit offside. Namun yang penting bagi penonton, Doel sudah mengambil keputusan dengan siapa dia akan menghabiskan waktu hingga akhir hayat.
 
Kisah cinta segitiga ini memang berakhir, tapi jangan lupakan semesta di dalamnya yang tak kalah menarik. Masih ada Mandra yang melajang dan Doel Jr. dengan lembaran baru sebagai anak Betawi. Jika ada naskah baru untuk turunan kisah Si Doel, mana yang lebih menarik untuk diceritakan lebih dulu?
 
Akhir Kisah Cinta Si Doel
 
Sutradara: Rano Karno
Penulis: Rano Karno
Produksi: Falcon Pictures (HB Naveen), Karnos Film (Rano Karno)
Pemain: Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, Suty Karno, Aminah Cendrakasih, Rey Bong, Ahmad Zulhoir Mardia
Durasi: 93 menit
Tayang di bioskop: 23 Januari 2020

 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif