Potongan adegan film Onward (Foto: Dok. Disney Indonesia)
Potongan adegan film Onward (Foto: Dok. Disney Indonesia)

Film Onward Berangkat dari Kisah Nyata Sutradara

Hiburan film asing film animasi
Cecylia Rura • 14 Maret 2020 19:27
Jakarta: Onward menjadi film animasi produksi Disney dan Pixar yang ke-22 hingga saat ini. Cerita film rupanya mendapat inspirasi dari kisah keluarga sang sutradara.
 
Kisah masa kecil Dan Scanlon diadaptasi untuk cerita Onward. Ayah Dan Scanlon meninggal dunia pada 1977 saat dia belum genap berusia 1 tahun. Dan Scanlon dan kakaknya belum pernah melihat sosok sang ayah dan mengumpulkan informasi berupa foto, cerita, hingga rekaman suara.
 
Momen rekaman suara sang ayah dalam film termasuk yang mengharukan. Ian Lightfoot seolah melakukan perbincangan dengan ayahnya melalui rekaman suara. Percakapan itu terinspirasi dari Scanlon dan kakaknya yang menemukan rekaman sang ayah hanya berucap "Hi" dan "Bye". Itu adalah percakapan pertamanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski pada cerita Onward bercerita tentang brotherhood dan pencarian sosok ayah, ada ibu yang menguatkan Ian dan Barley.
 
"Ibuku melakukannya dengan luar biasa. Kita semua tahu, ia juga merasa sedih. Namun, saya sangat bangga padanya karena di tengah kesedihannya, ia tetap berusaha untuk selalu tegar dan membesarkan kami berdua dengan sangat baik," kata Dan Scanlon.
 
Film Onward diakui sedikit membantu Dan Scanlon mengisi ruang kosong tentang sosok ayahnya. Dia memilih tak banyak membahas kondisi ayahnya ketika meninggal karena merasa bagian itu terlalu menyakitkan.
 
Film Onward berkisah tentang petualangan magis kakak-beradik Barley dan Ian Lightfoot menemukan sosok ayahnya. Meski ayah mereka sudah meninggal dunia beberap tahun lalu, ada warisan magis yang dapat mereka gunakan untuk melihat ayah meski tak lama. Namun, mereka harus melalui perjalanan panjang ketika mantra tersebut tak mengembalikan tubuh ayah seutuhnya.
 
Film Onward disutradarai Dan Scanlon, diproduseri Kori Rae. Film ini dibintangi menggunakan sulih suara dari Chris Pratt, Tom Holland, Julia Louis-Dreyfus, Octavia Spencer, dan Ali Wong. Film Onward tayang di bioskop sejak 4 Maret 2020.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif