Upin dan Ipin The Movie (Foto: dok. mncpictures)
Upin dan Ipin The Movie (Foto: dok. mncpictures)

Upin Ipin The Movie Selipkan Cerita Malin Kundang dan Bawang Merah-Bawang Putih

Hiburan film animasi
Elang Riki Yanuar • 17 Mei 2019 18:55
Jakarta: Hubungan serumpun membuat Indonesia dan Malaysia kerap memiliki kedekatan dalam kebudayaan. Termasuk legenda-legenda dan hikayat cerita penuh inspirasi seperti kisah Malin Kundang dan Bawang Merah-Bawang Putih.
 
Hal itulah yang membuat Upin Ipin The Movie menyelipkan kisah Malin Kundang dan Bawang Merah-Bawang Putih di film mereka. Meski produksi Malaysia, karakter Upin Ipin memang sangat populer di Indonesia berkat serial televisinya. Karena itu, ketika serial Upin Ipin diangkat ke layar lebar, Indonesia menjadi negara yang dipilih untuk lokasi penayangannya.
 
"Upin Ipin Keris Siamang Tunggal adalah tontonan berkualitas yang sangat pas untuk menjadi tontonan keluarga, apalagi di bulan Ramadan ini. Sebuah hiburan yang bermanfaat untuk anak-anak, sepulang sekolah sambil ngabuburit menunggu saat berbuka puasa tiba," ujar Chandra Sapta Surya, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP dalam keterangan tertulisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Malin Kundang merupakan legenda asal Sumatera Barat yang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu. Sedangkan Bawang Merah dan Bawang Putih bercerita mengenai dua kakak beradik yang memiliki sifat dan perangai sangat berbeda.
 
Para karakter ini dimasukkan ke dalam film yang sudah tayang sejak 9 Mei 2019 itu. Dalam petualangannya menyelamatkan Kerajaan Inderaloka, Upin dan Ipin bertemu dengan ibu dari Malin Kundang. Sang ibu tengah menyesali sumpahnya pada sang anak, sehingga menjadi batu. Di lain tempat, Upin dan Ipin pun bertemu dengan Bawang Merah yang menceritakan hubungannya dengan Bawang Putih yang tak akur.
 
"Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara seperti cerita Malin Kundang, versi Malaysia-nya adalah Si Tanggang. Cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya saja untuk versi ini yang baik justru Bawang Merahnya. Jadi ini benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitikberatkan sisi legendanya," ujar Syed Nurfaiz Khalid selaku sutradara.
 
Lewat cerita rakyat Nusantara itu, Faiz berharap penonton bisa menyerap pesan betapa memaafkan adalah sebuah perbuatan yang mulia. Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal bercerita tentang petualangan Upin dan Ipin dalam misi menyelamatkan Kerajaan Inderaloka dari kekejaman Raja Bersiong.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif