Tiga karakter utama film Glass, Mr Glass (kiri), Kevin Wendell Crumb (tengah) dan David Dunn (kanan) (Foto: Universal)
Tiga karakter utama film Glass, Mr Glass (kiri), Kevin Wendell Crumb (tengah) dan David Dunn (kanan) (Foto: Universal)

Ulasan Film Glass

Hiburan ulasan film
Agustinus Shindu Alpito • 17 Januari 2019 10:04
Jakarta: Sutradara Manoj Nelliyattu Shyamalan atau dikenal dengan M. Night Shyamalan kembali merilis film psikologi-thriller. Film berjudul Glass itu menjanjikan ketegangan yang intens di sepanjang film dengan alur cerita yang penuh kejutan.
 
Glass adalah muara pertemuan dari dua film Shyamalan sebelumnya, Unbreakable (2000) dan Split (2016). Tanpa diduga, ternyata dua film itu memiliki "universe" yang sama.
 
Salah satu hal menarik dari film ini adalah bagaimana Shyamalan menghadirkan kisah superhero yang sangat manusiawi, lengkap dengan ragam emosi yang dengan baik disajikan lewat akting John McAvoy, Bruce Willis dan Samuel L. Jackson.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


David Dunn (Bruce Willis) mendapat perhatian khusus dari sebuah lembaga riset karena memiliki kekuatan super. Dia satu-satunya orang yang selamat dari kecelakaan maut kereta api pada 19 tahun silam. Kisah David secara lengkap diceritakan dalam film Unbreakable.
 
Secara berkala, David yang tinggal bersama anaknya turun ke jalan untuk menyelesaikan masalah-masalah kejahatan yang terjadi sehari-hari. David orang yang spesial, selain tak mampu merasakan sakit secara fisik, dia punya indra keenam yang mampu melihat gambaran-gambaran supranatural tentang suatu peristiwa.
 
Kemudian David secara tidak sengaja bertemu dengan Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), laki-laki yang memiliki 24 kepribadian. Salah satu kepribadian Kevin bernama The Beast, yaitu sosok mengerikan yang membuat fisiknya mendadak berubah jadi lebih kuat, dipadu dengan karakter brutal, beringas. Cerita Kevin pertama muncul dalam film Split.
 
Kedua sosok di atas lantas berhubungan dengan Elijah Price atau dikenal dengan nama Mr. Glass. Sosok Elijah sebelumnya diperkenalkan dalam film Unbreakable. Kekuatan utama Elijah adalah kemampuan inteligensi yang luar biasa, sayangnya kekuatan itu pernah dia pakai untuk merancang sejumlah pembunuhan massal. Elijah punya kelemahan fatal, yaitu tulangnya yang sangat rapuh.
 
Tiga sosok manusia super itu bertemu dalam sebuah rumah tahanan khusus.
 
Glass punya kekuatan cerita yang baik dan mampu dinarasikan secara baik pula. Meski saat menonton pikiran kita atas kisah-kisah X-Men timbul-tenggelam. Film ini beruntung mendapatkan para aktor terbaik, yang pada akhirnya menyajikan karakter yang sangat luar biasa lewat akting mereka. Bagi penggemar cerita-cerita psikologi atau thriller, film ini sangat menarik.
 
M. Night Shyalaman terkesan mempersiapkan sebuah "universe superhero" menarik yang akan terus diproduksi ke depan.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif