Film NKCTHI. (Foto: YouTube/Visinema Pictures)
Film NKCTHI. (Foto: YouTube/Visinema Pictures)

Ulasan Film NKCTHI

Hiburan ulasan film
Cecylia Rura • 20 Desember 2019 17:10
Jakarta: Setiap keluarga punya rahasia menjadi topik besar yang digarisbawahi dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), adaptasi buku berjudul sama karya Marchella FP. Merangkum pesan-pesan personal dalam buku, sutradara Angga Dwimas Sasongko mengembangkan karakter Awan dalam keluarga Narendra (Donny Damara) dan Ajeng (Susan Bachtiar).
 
Awan (Rachel Amanda) sebagai anak bungsu terbilang paling dimudahkan hidupnya. Berbeda dengan Si Sulung, Angkasa (Rio Dewanto) yang memiliki tanggung jawab atas kedua adik perempuannya dan menjadi harapan besar sang ayah. Sementara Aurora (Sheila Dara) selalu merasa sendiri dan tak pernah dianggap.
 
Sedikit perjalanan Awan sudah diperkenalkan melalui series di YouTube. Dalam medium film, Awan akan mengalami banyak hal pertama kali, termasuk saat bertemu dengan Kale (Ardhito Pramono). Aurora selalu cemerlang dengan bakatnya. Sementara Angkasa menjadi orang yang pasang badan pertama kali untuk kedua adiknya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NKCTHI memaparkan kisah keluarga yang tampak hangat tapi sebenarnya berjarak. Hubungan ini terlihat kaku ketika ayah menjadi sosok central yang memberikan proteksi lebih kepada seluruh anggota keluarga. Termasuk hak untuk berbicara di segala urusan. Konsep problematika ini banyak terjadi di kota-kota besar.
 
Bicara soal keluarga, dalam film NKCTHI sejak awal sudah menggambarkan kondisi keluarga kelas menengah ke atas. Artinya, pesan-pesan di dalamnya pun merujuk dari apa yang biasanya terjadi di keluarga kelas menengah. Tak ada pembahasan seputar perekonomian keluarga selain achievement atau pencapaian dari usaha.
 
Susunan pohon keluarga lengkap dengan tiga orang anak juga mewakili masing-masing kondisi mereka sebagai anak sulung, tengah, dan bungsu. Formasi yang cukup untuk menjelaskan apa yang dirasakan seorang sulung ketika posisinya memang berada di tengah-tengah keluarga untuk menyenangkan hati kedua orangtua sekaligus memproteksi kedua adiknya.
 
Sementara itu, karakter ibu dalam NKCTHI diposisikan paling tabah menghadapi kenyataan hidup. Ada sedikit pemberontakan, tapi tidak untuk menyerang keluarganya sendiri. Perasaan kesal ini ikut mengaduk perasaan penonton terhadap apa yang dilakukan Narendra dalam setiap mengambil keputusan, termasuk hak seorang ibu terhadap anaknya.
 
Narendra di balik sikap tangguh dan keras punya sisi melankolis yang hanya dimengerti Ajeng. Di balik sosok keras Narendra, dia memiliki cara lain untuk menyampaikan ungkapan sayang terhadap keluarganya.
 
NKCTHI jelas memuat pesan personal. Film ini akan terasa hangat bagi yang lekat dengan karakter dan cerita dalam film. Namun, namanya juga film tentu banyak penambahan glorifikasi yang bisa dimaklumi. Seperti saat kedekatan Awan dan Kale yang dilatarbelakangi kecintaan pada band Arah.
 
Ini menjadi momentum Ardhito debut bermain film panjang. Namun, yang menarik perhatian adalah saat Rachel Amanda kembali pada karakter sedu sedannya untuk Awan. Raut wajah Amanda yang tak banyak berubah sedari dulu seperti mengingatkan kembali bagaimana dia sukses memerankan tokoh utama di sinetron Candy (2007), remaja ceria yang dirundung peristiwa-peristiwa pilu. Bedanya, di film ini Amanda tak terlalu banyak menangis.
 
Pada akhirnya NKCTHI mengaduk emosi dan memberikan perenungan tentang arti sebuah keluarga. Bagaimana peran masing-masing anggota dalam keluarga yang selalu menjadi rumah untuk pulang.
 
Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)
 
Penulis buku: Marchella FP
Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
Penulis naskah: Jenny Jusuf, Melarissa Syarief, Angga Dwimas Sasongko
Produser eksekutif: Ajeng Prameswari, Winston Utomo, William Utomo, Kusumo Martanto, Michael Y. Chow
Pemain: Rachel Amanda, Sheila Dara, Rio Dewanto, Susan Bachtiar, Donny Damara, Oka Antara, Niken Anjani, Ardhito Pramono, Sivia Azizah, Chicco Jerikho, Agla Artalidia, Umay Shahab, Muhammad Adhiyat, Nayla Denny Purnama, Alleyra Fakhira Kurniawan, Syaqila Affifah Putri
Rilis di bioskop: 2 Januari 2020
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif