Joko Anwar (Foto: Medcom.id/Purba)
Joko Anwar (Foto: Medcom.id/Purba)

Bukan Hollywood, Ini Pencapaian Seorang Sutradara Menurut Joko Anwar

Hiburan joko anwar film indonesia
Dhaifurrakhman Abas • 02 September 2019 15:19
Jakarta: Sutradara Joko Anwar, menolak jika Holywood dijadikan tolak ukur kesuksesan seorang sineas. Pencapaian menurutnya, ketika pesan dalam film diterima penonton.
 
"Film itu adalah tools kita untuk mengatakan sesuatu. Ada tools estetika, dan teknis. Nah ketika pesan itu sampai, maka ini adalah pencapaian," kata Joko dalam program QnA episode Belaga Holywood yang ditayangkan Metro TV, Minggu 1 September 2019.
 
Joko melanjutkan, sebuah karya bisa disebut sebagai pencapaian, ketika film yang dibuat para sineas ini menembus festival bergengsi. Dia menyebut lima festival tersebut diantaranya Venice International Film Festival, Cannes Film Festival, Toronto International Film Festival
Berlin International Film Festival, dan Sundance Film Festival.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu salah satu standar yang mengatakan film kita bagus, karena festival ini sangat ketat dan selektif," sambung dia.
 
Joko juga menyebut pencapaian dan kesuksesan juga dapat didefenisikan secara pribadi. Hanya saja, Joko enggan menyebut defenisi sukses yang dia miliki.
 
"Sukses ya tergantung. Kalau film menembus 2 juta penonton bisa saja sukses. Tapi saya punya standar sendiri yang tidak bisa di-share," tandasnya.
 
Kehadiran Joko dalam program QnA episode Belaga Hollywood bagian dari diskusi bersama sejumlah sineas, terkait dengan embel-embel Hollywood yang kerap dijadikan gimmick untuk mengangkat nama para sineas, meski dengan cara-cara yang tampaknya kurang tepat.
 
Joko saat ini tengah merilis film Gundala. Diadaptasi dari kisah Gundala Putra Petir. Pada tahun 2017, Joko merilis film Pengabdi Setan dan menjadi film terlaris pada tahun itu dengan perolehan 4,2 juta penonton.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif