Bioskop turut mengikuti protokol kesehatan dengan pembatasan penonton (Foto: Roni K)
Bioskop turut mengikuti protokol kesehatan dengan pembatasan penonton (Foto: Roni K)

Setelah Para Musisi, Giliran Para Sineas Unggah Surat Terbuka untuk Jokowi

Hiburan joko anwar film indonesia
Agustinus Shindu Alpito • 05 Maret 2021 20:54
Jakarta: Para promotor dan musisi kompak mengunggah surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo, melalui media sosial, pada 3 Maret 2021. Pada hari ini, Jumat, 5 Maret 2021, giliran para sineas melakukan hal serupa.
 
Secara serentak para aktor, sutradara, dan berbagai insan sinema menandai nama akun Presiden Jokowi di media sosial, baik Twitter atau Instagram.
 
"Seperti juga berbagai sektor lain, industri film kini mengalami poukulan keras di tengah pandemi covid-19. Puluhan ribu pekerjanya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat. Industri film juga sudah kehilangan potensi pemasukan terbesarnya, karena bioskop sedang kesulitan bertahan," tulis surat yang beredar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat itu secara resmi diedarkan atas nama beberapa lembata terkait perfilman, di antaranya Badan Perfilman Indonesia, Asosiasi Perusahaan Film Indonesia, dan Asosiasi Produser Film Indonesia.
 
Secara gamblang dalam surat terbuka itu para insan film memohon adanya bantuan dari pemerintah, guna mendorong percepatan pemulihan, dan atau upaya insan film bangkit dari keterpurukan.
 
"Kami sangat sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada pefilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan," pinta para sineas.
 
Sutradara Joko Anwar yang turut mengunggah surat terbuka ini dalam kicauannya mengatakan bahwa pihaknya, "Ingin kembali bisa berkarya dan kembali menginspirasi."
 
Adapun para sineas yang turut mendukung surat dengan menyebarkan melalui media sosial antara lain Olga Lydia, Nia Dinata, Oka Antara, Sherina Munaf, Morgan Oey, Ernest Prakasa, Tara Basro, dan Arie Kriting. 
 

 
 
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif