Puncak Mahameru. Foto: dailyvoyagers.
Puncak Mahameru. Foto: dailyvoyagers.

Mengintip Keindahan Gunung Semeru Lewat Film 5 Cm

Hiburan Film Indonesia Wisata Alam gunung semeru Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Cindy • 06 Desember 2021 12:41
Jakarta: Masyarakat Tanah Air tengah berduka dengan meletusnya Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021. Lahar dan awan panas guguran yang meluap dari gunung tertinggi di Pulau Jawa itu membuat sebanyak 14 orang meninggal. 
 
Video letusan gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu juga viral di media sosial. Tak sedikit warganet yang berduka dan memanjatkan doa bagi keluarga yang ditinggalkan. 
 
Sejumlah warganet juga mengenang kembali keindahan panaroma alam Gunung Semeru. Gunung ini memang menjadi salah satu destinasi populer bagi para pecinta alam di Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 5 Tempat Misterius di Gunung Semeru, Angker atau Mitos?

Film 5 cm

Film 5 cm. Foto Istimewa
Film 5 cm. Foto Istimewa.
 
Keindahan alam Gunung Semeru juga dapat disaksikan lewat film 5 cm. Film tersebut diadaptasi dari novel best seller dengan judul 5 cm (2005), karya Donny Dirghantoro. 
 
Film 5 cm dibintangi sejumlah artis papan atas seperti Pevita Pearce, Denny Sumargo, Herjunot Ali, Realine Shah, dan Fedi Nuril. Film ini masuk lima nominasi di Festival Film Indonesia 2013 dan memenangkan kategori Pengarah Sinematografi Terbaik. 
 
Film produksi Sunil Soraya pada 2012 itu mengisahkan lima remaja yang melakukan petualangan mendaki Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Kelima remaja itu telah menjalin persahabatan selama belasan tahun lamanya.
 
Suatu saat mereka merasa jenuh dengan persahabatan mereka dan memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi. Selama tiga bulan berpisah, mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan petualangan penuh tantangan di Gunung Semeru.
 
Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak tertinggi Jawa, puncak Mahameru, pada 17 Agustus. 
 
Baca: Kisah Gunung Semeru dan Soe Hok Gie
 

Keindahan Gunung Semeru

Ranu kumbolo. Instagram @inggrianiinggit
Ranu kumbolo. Instagram @inggrianiinggit.
 
Bagi penonton yang belum pernah mendaki gunung ini, film 5 cm memperlihatkan panorama alam Gunung Semeru. Mulai dari keindahan Ranu Kumbolo, danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl di Gunung Semeru; mitos Tanjakan Cinta; hingga Puncak Mahameru. 
 
Mata penonton akan dimanjakan keindahan alam dari tiap lokasi di Gunung Semeru.  Film ini juga menyisipkan rasa kepuasan dan kecintaan terhadap Tanah Air saat kelima remaja itu berhasil naik Puncak Mahameru. Mereka menancapkan Sang Saka Merah Putih dengan latar lagu Tanah Airku.  
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif