Ozy Syahputra di film Si Manis Jembatan Ancol. (Foto: YouTube MVP Pictures)
Ozy Syahputra di film Si Manis Jembatan Ancol. (Foto: YouTube MVP Pictures)

Ozy Syahputra Depresi Berperan di Film Si Manis Jembatan Ancol

Hiburan film horor indonesia Film Si Manis Jembatan Ancol
Cecylia Rura • 01 November 2019 13:49
Jakarta: Aktor sekaligus komedian Ozy Syahputra kembali terlibat dalam film Si Manis Jembatan Ancol, kali ini versi Anggy Umbara yang berpacu pada film rilisan 1973. Ozy mengaku tertekan karena mendapat peran antagonis.
 
"Selama hidup kita ini disuruh yang baik-baik aja. Jadi bagaimana mengekspresikan seorang yang jahat karena orang jahat enggak perlu harus jerit-jerit. Pokoknya ngelirik aja orang udah takut. Nah, itu gimana kita mengekspresikannya," kata Ozy di Jakarta Selatan, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Ozy memerankan Panji, seorang rentenir yang berurusan dengan Roy Manunggalu Bakti, suami Maryam (Si Manis). Dia tampak garang dengan kumis dan jenggot asli yang sengaja ditumbuhkan selama tiga bulan. Ini adalah peran berbeda meski sebelumnya mendapat peran hantu gundul menemani Si Manis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi memerankan tokoh jahat itu aduh ternyata luar biasa susahnya. Sampai saya kebawa ke dalam keseharian saya. Saya betul-betul dalam suasana depresi banget," kata aktor berusia 56 tahun itu.
 
Semasa syuting, Ozy Syahputra memilih tak berinteraksi dengan rekan terdekat termasuk keluarga di Bekasi. Dia memilih tinggal di apartemen agar tak memengaruhi sikap kesehariannya. Ozy harus menjaga intonasi suara garang.
 
"Kalau dulu dekat dengan komedi. Ini yang berat banget saya itu mampu enggak ya. Ternyata jadi seorang aktor enggak gampang gitu," kata Ozy.
 
Anggy Umbara sengaja ingin menampilkan versi lain dari sosok Ozy. Dia juga ingin membuat orang pangling terhadap aktor yang kerap berjenaka tersebut.
 
"Butuh workshop khusus buat dia. Dua bulan lebih untuk ngelepas hal sehari-harinya, harus jadi renternir yang ngeri. Banyak yang pangling. Memang rencananya begitu," kata Anggy.
 
"Orang enggak bisa distereotipe jadi banci seumur hidup. Saya pengin kasih kesempatan mengubah itu," imbuhnya.
 
Selain mengubah pandangan publuk tentang Ozy, Anggy Umbara juga ingin mengembalikan persona Si Manis Jembatan Ancol yang sebelumnya kerap identik dengan keseksian. Dia ingin mengembalikan citra Si Manis yang pada rilisan 1973, diperankan Lenny Marlina masih identik dengan pakaian tertutup, bertudung dengan busana serba merah.
 
"Saya sudah enggak betah lihat gitu-gitu. Kenapa hantu musti melihatkan auratnya. Hantu jadi komoditi ditelanjangi juga. Justru yang seksis yang merendahkan martabat wanita, kasihan sama sosok Si Manis, udah jatuh ketiban tangga," kata Anggy.
 
Melalui film Si Manis Jembatan Ancol, Anggy Umbara juga ingin mengangkat martabat perempuan dan memperjuangkan hak-haknya, termasuk soal mencintai.
 
"Si manis tentang hak-hak wanita yang direnggut, ini social issue-nya hak-hak dan diskriminasi wanita. Wanita yang enggak bisa dapat haknya untuk bahagia. Terenggut haknya jadi bahagia, itu jadi core permasalahan Si Manis which is ada di (film) tahun '73. Itu yang melatar belakangi cerita Si Manis," kata Anggy Umbara.
 
Syuting film Si Manis Jembatan Ancol dilakukan di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Syuting dilakukan selama 19 hari dengan kondisi Anggy Umbara yang mengalami kecelakaan sehingga dibantu co-director dari Umbara Brothers Film, Bonty.
 
Nama asli Si Manis Jembatan Ancol hingga saat ini masih simpang siur. Rumor menyebutkan, ada yang bernama Siti Ariah, Nyai Darsimah, dan Maryam. Pemilihan nama Maryam atas pertimbangan penonton milenial yang ikut dibidik untuk mengebalkan sang legenda Si Manis.
 
Film Si Manis Jembatan Ancol dibintangi Indah Permatasari, Arifin Putra, Randy Pangalila, dan Ozy Syahputra. Si Manis Jembatan Ancol ditulis dan disutradarai Anggy Umbara dibantu Bonty dari Umbara Brothers Film.
 
Si Manis Jembatan Ancol diproduksi MVP Pictures, tayang di bioskop 26 Desember 2019.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif