Film Ziarah. Lampost.co
Film Ziarah. Lampost.co

Viral di Tiktok, Ini 5 Fakta Film Ziarah

Hiburan Film Indonesia TikTok Sinopsis Film Video Viral
Sri Yanti Nainggolan • 22 April 2022 18:06
Jakarta: Film Ziarah viral di media sosial Tiktok. Film ini berkisah tentang perempuan yang mencari makam suaminya yang telah puluhan tahun terpisah. 
 
Akun Tiktok @simpananbaru12 memposting potongan film Ziarah yang mengisahkan Mbah Sri yang mencari makam suaminya. Film tahun 2017 ini adalah karya sutradara BW Purbanegara. 
 
"Apa kabar Mbah Sri? Apakah Mbah Sri masih sehat atau sudah tiada? Kalau sudah tiada, apakah dimakamkan di makam Pak Pawiro Sahid seperti yang Mbah inginkan?" tulis akun tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Potongan film Ziarah. Tiktok simpananbaru12
Potongan film Ziarah. Tiktok simpananbaru12
 
Berikut adalah beberapa hal terkait film Ziarah. 

Sinopsis Film Ziarah

Ziarah bercerita tentang perjalanan Sri (Ponco Sutiyem), nenek usia 95 tahun, dalam mencari makam suaminya yang hilang saat Agresi Militer Belanda II. Tujuannya, Sri ingin dimakamkan di samping makam sang suami.
 
Dilansir dari Lampung Post, dalam perjalanannya, Sri yang sudah tidak muda lagi dan mencari makam suaminya seorang diri, membutuhkan waktu berbulan-bulan dari Bantul hingga Wonogiri untuk bisa menemukan makam Prawiro Wahid.
 
"Suami saya pamit mau perang pada agresi militer Belanda, sampai sekarang tidak ada kabarnya. Saya hanya ingin mencari makam Pak Prawiro, jadi ketika saya mati, saya ingin dimakamkan di sebelahnya. Dan saya bisa menunjukkan makam Pak Prawiro kepada anak cucu saya," ucap Mbah Sri. 
 

Film Ziarah menggunakan bahasa Jawa

Proses pengambilan film ini cukup panjang dan memakan waktu selama delapan bulan. Pengambilan lokasi pun dilakukan di Yogyakarta. Tidak heran, semua dialog dalam film berdurasi 87 menit ini menggunakan bahasa Jawa sehingga perlu diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
 
Baca: Sempat Tertunda, Film Baru Al Ghazali dan Jessica Mila Tayang Bulan Depan
 

Pesan Film Ziarah

Film yang mengangkat kisah lokal itu memiliki makna universal dan bisa diterima semua masyarakat. Sebab, kisah tersebut bisa menimpa siapa saja. Hal itu yang membuat film Ziarah menembus pasar internasional di festival film lokal.
 
"Pesan khusus di film ini tidak ada. Kami menyajikan film apa adanya dan kami ingin penonton menikmati film yang kami sajikan. Terserah penonton bagaimana menginterpretasikannya sendiri," ujar co-sutradara film Ziarah, Ridla Annur.
 

Prestasi Film Ziarah 

Ziarah sudah meraih beberapa penghargaan, di antaranya Film Terbaik di Salamindanaw Film Festival 2016, Skenario Terbaik versi Majalah Tempo 2016, Nominasi Penulis Skenario di Festival Film Indonesia 2016, Nominasi Film Terbaik di Apresiasi Film Indonesia 2016 dan Kompetisi Film di Jogja Netpac Asian Film Festival 2016.
 
Baca: Teror Mencekam Film Oma The Demonic di Bulan Ramadan

Pemeran film Ziarah meninggal dunia

Pemeran film Ziarah, Ponco Sutiyem, meninggal dunia pada 4 Januari 2022. Wanita yang yang masuk dalam nominasi ajang festival film ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 itu tutup usia setelah sakit stroke selama tiga tahun.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif