Yoji Yamada dalam red carpet Tokyo International Film Festival 2019 di Toho Cinema, Roppongi Hill, Tokyo (metrotvnews.com/Luhur Hertanto)
Yoji Yamada dalam red carpet Tokyo International Film Festival 2019 di Toho Cinema, Roppongi Hill, Tokyo (metrotvnews.com/Luhur Hertanto)

Tora-san, Wish You Were Here Jadi Film Pembuka TIFF 2019

Hiburan Tokyo International Film Festival 2019
Luhur Hertanto • 30 Oktober 2019 16:25
Tokyo: Tora-san, Wish You Were Here mendapat kehormatan menjadi film pembuka rangkaian kegiatan Tokyo Film Festival (TIFF) 2019 yang resmi dimulai. Ini sekaligus world premier untuk sekuel terbaru Tora-san yang merupakan karya sutradara senior Jepang, Yoji Yamada.
 
Awalnya serial Tora-san berjudul Otoko wa Tsuraiyo (It's Tough Being a Man) dirilis pada 1969 sebagai drama televisi. Tora adalah seorang wiraniaga keliling yang berwajah sangar dan berhati romantis. Di setiap kota yang disinggahinya, selalu jatuh cinta dengan gadis setempat tetapi semua kandas gara-gara Tora-san sulit mengatakan I Love You.
 
Setiap kali putus cinta, Tora-san (diperankan Alm. Kyoshi Atsumi) pulang ke rumah orangtuanya di Shibamata yang membuka kedai makan. Di rumah, dirinya adalah seorang paman yang serba tahu, sok tegar, suka mencari gara-gara dan tempat curhat. Tora-san juga sangat dekat selalu bisa diandalkan oleh keponakan-keponakannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fokus cerita dalam Tora-san, Wish You Were Here berpusat kepada Mitsuo (putra adik Tora-san) yang bertemu dengan Izumi dalam sesi penandatanganan novel terbarunya. Izumi yang merupakan cinta pertama Mitsuo digambarkan sebagai seorang wanita dengan karier internasional yang gemilang, namun bermasalah dengan ayah dan ibundanya. Sebaliknya Mitsuo adalah duda yang berprofesi sebagai penulis dan hidup pas-pasan di dalam apartemen sempit bersama putri tunggalnya.
 
Walau selalu kikuk dan kurang percaya diri, Mitsuo memiliki 'kekayaan' yang sangat didambakan Izumi: kehangatan keluarga. Anggota keluarga yang selalu saling menyayangi dan selalu mendukung, meski tidak luput dengan keributan-keributan yang khas. Inilah yang menjadi kekuatan cerita Tora-san yang diproduksi sebagai serial televisi sejak 1968. Bahwa apa pun yang terjadi, keluarga selalu pantas diperjuangkan dan dipertahankan.
 
"Film yang kisahnya sangat dalam. Kehangatan keluarga yang mengharukan. Temanya sangat keseharian, cinta lama yang bersemi kembali tetapi dikemas sangat cerdas, tidak kacangan. Di Indonesia ada banyak tema-tema sublim demikian tetapi jarang kita melihatnya digarap. Terakhir kita melihat film tentang kehangatan keluarga seperti ini adalah Ibunda karya Teguh Karya," ujar Seno Joko Suyono, dosen teater Institut Kesenian Jakarta (IKJ) usai mengikuti world premier Tora-san, Wish You Were Here.
 
Bukan tanpa alasan film keluarga paling populer di Jepang ini yang dipilih menjadi pembuka. Serial yang telah berusia 50 tahun ini tercatat dalam Guinness World Record untuk seri film yang paling lama dibintangi oleh aktor utama yang sama sejak seri pertama hingga sekarang.
 
"Melihat kredit akhir, air mata saya mengalir. Selalu mendebarkan menunggu karya terbaru dalam seri ini setiap musim panas dan liburan Tahun Baru. Saya percaya seri Tora-san tidak hanya favorit nasional, tapi juga menangkap sejarah aktris populer di Jepang dan sekarang dihidupkan kembali oleh sutradara Yoji Yamada,” kata Direktur TIFF 2019, Takeo Hisamatsu.
 
Faktor lain yang membuat pantas menjadi pembuka adalah penggunaan teknologi digital canggih dalam penggarapannya. Setiap scene flash back film ini diambil dari footage asli yang telah berusia puluhan tahun. Footage tersebut lalu digarap sedemikian rupa dengan kualitas 4K. Inilah yang membuat perpaduan antara suasana masa lalu dengan masa kini terasa sangat halus dan enak dinikmati.
 
Menariknya proses penggarapan sarat teknologi tinggi ini dipimpin oleh Yoji Yamada yang tahun ini berusia 88 tahun. "Saya senang film ke-50 seri Tora-san dipilih sebagai film pembuka TIFF 2019. Butuh 50 tahun bagi saya untuk membuatnya," ujar Yoji Yamada dalam red carpet TIFF 2019 di Toho Cinema, Roppongi, Tokyo, Senin, 28 Oktober 2019.
 

 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif