Citra Pariwara adalah lomba karya iklan yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) sejak tahun 1987.
Pencapaian Fico begitu spesial karena selama dua tahun berturut-turut tidak ada yang memenangkan kategori Gold di ajang itu. Fico berhasil memecahkan rekor dengan memperoleh Gold pada kategori Film Craft, Directing.
"Saya merasa senang sekaligus kaget sebenarnya menerima penghargaan ini. Merasa ada tanggung jawab juga sebagai sutradara untuk terus berkarya dengan sepenuh hati, kreatif, dan relevan," kata Fico dalam keterangan tertulisnya.
Pendiri Production House (PH) Ronaksara ini sebelumnya masuk dalam 29 kategori di Citra Pariwara 2022. Penghargaan yang Fico dapat berkat iklan bertajuk "Grovo-Modal Percaya Asli Tjap Indonesia" dari brand GRAB Indonesia dan OVO.
"Iklan 'Modal Percaya' berusaha menampilkan tekad, perjuangan, dan kepercayaan diri rakyat Indonesia dari dulu. Visual yang disajikan adalah bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap takdir, khas masyarakat kita dengan treatement video citizen journalism," jelas Fico.

Proses produksi iklan (Grovo-Modal Percaya Asli Tjap Indonesia)
Dalam video iklannya, Fico turut menuliskan lagu yang dinyanyikan band NTRL. Fico pun bangga lagunya yang berjudul "Modal Percaya" dinyanyikan NTRL lalu mendapat penghargaan.
"Dimensinya banyak untuk bisa bikin karya ini. Mulai dari timnya yang sangat terbuka dan kooperatif, termasuk keterlibatan NTRL dan berbagai pihak untuk menguatkan campaign ini. Sehingga kita dapat berkarya dengan sebaik-baiknya dan diterima baik pula oleh publik," ucapnya.
Yang tak kalah menarik, 95% kebutuhan visual di film ini direkam menggunakan berbagai variasi dan tipe kamera handphone, dari smartphone sampai ponsel seharga Rp500 ribu yang memiliki kualitas gambar rendah. Fico sebagai sutradara sengaja memberi tugas beberapa ekstras untuk memegang kamera bertujuan mendapatkan angle dan pergerakan kamera yang amatir.
"Ini merupakan salah satu iklan yang punya kesan tersendiri bagi saya. Selama prosesnya, tim, respons penonton, hingga bisa menang di penghargaan Citra Pariwara 2022,” katanya.
Fico memulai kariernya melalui industri film komersial pada tahun 2014. Selama hampir tiga tahun pandemi Covid-19, Fico merasa industri periklanan ikut lesu. Namun, memasuki 2023 dia yakin industri periklanan mulai bangkit.
“Selama pandemi kemarin lesu. Mungkin bukan tentang uang ya. Tapi pasti sineas dan pekerja kreatif rindu buat syuting dan berkarya. Tapi sekarang sudah mulai banyak lagi tawaran job. Kami senang karena rasanya industri periklanan saat ini kembali bergeliat," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id