Potongan adegan film Us (Foto:  Claudette Barius)
Potongan adegan film Us (Foto: Claudette Barius)

Nyaris Tembus Rp1 Triliun, Film Horor "Us" Pecahkan Rekor Box Office

Hiburan box office
Purba Wirastama • 25 Maret 2019 11:37
Jakarta: Us, film horor terbaru dari sutradara-penulis peraih Piala Oscar Jordan Peele, meraup pendapatan global USD87,12 juta sejak dirilis di bioskop puluhan negara akhir pekan lalu. Sebanyak USD70,25 juta atau nyaris Rp1 triliun berasal dari bioskop domestik AS-Kanada saja, membuat film ini memecahkan sejumlah rekor baru di box office.
 
Universal merilis Us di AS-Kanada pada Jumat, 22 Maret 2019 dan di beberapa negara lain, termasuk Indonesia, sejak Rabu, 20 Maret 2019. Total pendapatan global Us selama akhir pekan pertama hampir menyamai Captain Marvel, yang pada akhir pekan ketiganya masih tertinggi dengan capaian USD87 juta.
 
Menurut data Box Office Mojo, Us memecahkan rekor sepanjang masa Amerika sebagai film dengan pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, khusus kategori film dewasa (kategori R, Rated) berdasarkan naskah asli. Sebelumnya, rekor ini dipegang film Universal lain, yaitu Ted (2012) dengan capaian USD54,4 juta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Itu adalah capaian besar karena kebanyakan film-film laris AS tidak berangkat dari naskah cerita asli atau pertama. Selain Us dan Ted, sebanyak 18 judul film dewasa (R) terlaris pada akhir pekan pertama adalah adaptasi, sekuel, reboot, remake, atau spin-off. Misalnya Deadpool dan Deadpool 2, It, dan The Matrix Reloaded.
 
Dalam kategori film dewasa (R) genre horor, baik naskah asli maupun bukan, yang mencapai pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, Us berada di posisi ketiga. Posisi pertama ditempati oleh It (2017) dengan USD123 juta dan disusul oleh Halloween (2018) dengan USD76 juta.
 
Dalam kategori yang lebih umum, yaitu semua film Amerika dengan pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, Us menempati posisi 115. Kendati begitu, film-film yang lebih laris adalah animasi atau tidak berdasarkan naskah asli. Sebagai film live-action dengan yang berangkat dari naskah pertama atau asli, Us adalah yang terlaris pada akhir pekan pertama setelah Avatar (2009) yang mencapai USD77 juta.
 
Sementara itu, Captain Marvel menembus pendapatan global USD910,2 juta atau sekitar Rp12,93 triliun (kurs Rp14.213). Dibanding 20 film seri Marvel Cinematic Universe sebelumnya, Captain Marvel menempati posisi ketujuh terlaris di dunia.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif