Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama pemeran Milea, Vanesha Prescilla (kanan) (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama pemeran Milea, Vanesha Prescilla (kanan) (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Ridwan Kamil jadi Cameo Lagi di Film Dilan 1991

Hiburan Film Dilan 1991
Purba Wirastama • 11 Februari 2019 09:54
Bandung: Ridwan Kamil, yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat, akan kembali tampil singkat atau cameo dalam film adaptasi Dilan 1991. Seperti film sebelumnya, Ridwan atau Kang Emil memerankan tokoh Pak Guru.
 
Kali ini, waktu kemunculan Pak Guru akan lebih lama dengan dialog yang lebih panjang. Jika biasanya syuting selesai dalam 15 menit untuk dua kali sesi pengambilan gambar, waktu syuting Kang Emil untuk Dilan 1991 bisa sampai satu jam.
 
"Kalau di film Dilan, saya dipanggil guru ngaji. Kalau Dilan 1991, dialog lebih lama, tetapi syuting satu jam," kata Kang Emil dalam jumpa pers di rumah dinas gubernur, Minggu, 10 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutradara Fajar Bustomi menyebut bahwa kehadiran Emil bisa membantu kampanye promosi filmnya di media sosial. Untuk film kedua, selain karena faktor promosi, Emil kembali terlibat karena tuntutan cerita.
 
"Pak gurunya harus ada lagi karena Dilan harus pamit," tutur Fajar dalam kesempatan sama.
 
"Saya selalu mendukung yang positif. Dilan ini positif," sambung Emil.
 
"Saya juga punya pandangan, kalau filmnya tentang Bandung atau Jawa Barat, saya boleh ikut main tetapi enggak dibayar karena melanggar etika. Kalau eksistensi saya dirasa ikut menjual (filmnya), ya silakan. Namun ya enggak mungkin saya syuting di Bali, enggak nyambung."
 
Dilan 1991 kembali dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Pemain pendukung lama antara lain Ceu Popon, Yoriko Angeline, Zulfa Maharani, Giulio Parengkuan, Zara JKT48, Gusti Rayhan, Omara Esteghal, dan Azzura Pinkania. Lalu ada pemain baru seperti Bucek Depp, Maudy Koesnaedi, Ence Bagus, dan Jerome Kurnia.
 
Bagi Emil, ini adalah film keenam dia sebagai pemeran cameo. Selain Dilan 1990, film dia sebelumnya antara lain Total Chaos dan The Wedding & Bebek Betutu.
 
"Ini film saya yang ke-6, jadi sudah sering dan gayanya itu sama, cuma 15 detik. Jadi sopir bis, kebanyakan sih jadi guru," ungkap Emil.
 
"Dilan ini gayanya saya pas SMA banget – sepeda motornya. Saya ketemu Bu Cinta (Atalia Praratya) tahun 1995, makanya banyak yang menonton (Dilan 1990) seusia saya juga," imbuhnya.
 
Dilan 1991 akan dirilis di bioskop pada Kamis, 28 Februari 2019.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi