Dok. Mola TV
Dok. Mola TV

Sinopsis Film The Professor and The Madman, Biopik Dua Tokoh Perumus Kamus Oxford

Hiburan film hollywood film asing
Cecylia Rura • 10 Oktober 2020 11:12
Jakarta: Filolog asal Skotlandia, James Augustus Murray ditunjuk Delegasi Agung Oxford University Press mengepalai proyek menyusun kamus besar bahasa Inggris baru Oxford English Dictionary (OED) setelah dua dekade. Keputusan ini sempat mengundang pro dan kontra di kalangan anggota delegasi.
 
Murray dianggap tidak kompeten memenuhi standar kualigikasi akademik. Pada usia 14 tahun, Murray putus sekolah sehingga dia memelajari bahasa dan sastra secara otodidak. Murray akhirnya disetujui karena fasih menguasai 17 bahasa yakni Perancis, Spanyol, Latin, Portugis, Jerman, Denmark, Belanda, Arab, serta Celtic.
 
Murray memprediksi proyek kamus tersebut bakal rampung dalam tujuh tahun. Prediksi Murray rupanya meleset dan membuatnya tertinggal. Dia lalu mengeluarkan ide radikal untuk mempercepat prosesnya yakni kamus dengan demokrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak habis akal, Murray meminta bantuan publik dengan mengirimkan seluruh kata yang digunakan, definisi, dan asal muasalnya. Dari proses ini, Murray bertemu Kapten Dr. William Chester Minor, tahanan Rumah Sakit Jiwa Broadmoor, Crowthorne.
 
Minor merupakan mantan perwira angkatan darat AS yang salah membunuh orang di Inggris. Minor diketahui mengidap penyakit jiwa Schizophrenia setelah melalui persidangan. Semasa menjadi tahanan, Minor membantu Murray melalui surat dan membuat tim Murray frustasi.
 
Lebih dari 10 ribu kata beserta definisi diberikan Minor. Semula dari surat menyurat, Minor dan Murray kemudian bertemu dan bersahabat. Keterlibatan Minor sempat menjadi kontroversi setelah diungkap surat kabar South London Chronicle. Saat itu, kondisi kesehatan Minor melemah dan Murray mengundurkan diri.
 
Film The Professor and The Madman menggunakan latar waktu tahun 1879. Film ini diadaptasi dari novel laris rilisan 1998, The Surgeon of Crowthorne: A Tale of Murder, Madness, and the Love of Words dari Simon Winchester.
 
Film The Professor and The Madman disutradarai Farhad Safinia dengan nama samaran P.B Shemran, dirilis 2019. Film ini dibintangi Mel Gibson, Sean Penn, Natalie Dormer, Jennifer Ehle, Ioan Gruffudd, dan Steve Coogan.
 
The Professor and The Madman tayang perdana secara eksklusif di Mola TV mulai 8 Oktober 2020.

 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif