Eva Heyman asli (kiri) dan aktris pemeran Eva Heyman dalam
Eva Heyman asli (kiri) dan aktris pemeran Eva Heyman dalam "Eva Stories". (Foto: AP/Instagram @eva.stories via nydailynews.com)

Eva Stories, Adaptasi Kisah Nyata Remaja Korban Holocaust

Hiburan nazi film asing
Cecylia Rura • 04 Mei 2019 20:13
Yerusalem: Apa jadinya jika remaja perempuan dalam Holocaust memiliki Instagram? Eva Stories adalah rangkuman kisah nyata Eva Heyman, remaja Hongaria berusia 13 tahun yang tewas dalam lingkaran tragedi Holocaust.
 
Rangkuman ini dimulai sejak ulang tahun Eva yang terakhir pada 13 Februari 1944. Kisah ini dipublikasikan melalui Instagram @eva.stories sejak Rabu, 1 Mei 2019 dengan 70 unggahan Instagram Story yang diunggah secara berkala hingga Kamis, 2 Mei 2019. Proyek ini diabadikan dengan Instagram Highlight agar dapat bertahan lebih dari 24 jam.
 
Proyek Eva Stories berjalan atas inisiasi Mati Kochavi, pegiat teknologi asal Israel bersama putrinya Maya Kochavi. Eva Stories dirilis sebagai pengenalan kepada generasi sekarang tentang pengetahuan Holocaust sekaligus menjadi bagian Hari Peringatan Holocaust di Israel yang diperingati pada 1 hingga 2 Mei 2019. Menurut laporan New York Times, Mati Kochavi yang kini bermukim di New York dan Tel Aviv menggelontorkan jutaan dolar untuk produksi Eva Stories.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memori tentang Holocaust di luar Israel kini menghilang," ungkap Mati Kochavi, dilansir dari New York Times.
 
Mati dan Maya Kochavi tidak melibatkan pihak pemerintah maupun institusi dalam proyek Eva Stories. Sebab, Holocaust adalah topik suci di Israel. Mati dan Maya melihat banyak pergerakan serius terjadi di media sosial. Oleh sebab itu, kisah Eva Heyman diangkat melalui Instagram dengan memaksimalkan penggunaan feature tagar, caption, dan suasana tanpa mendegradasi sejarah Holocaust.
 
Proyek ini ikut didukung sejumlah selebriti termasuk aktris Gal Gadot, bintang film Wonder Woman. Eva Stories juga mendapat dukungan dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang meminta seluruh pengikut media sosialnya mengikuti akun Instagram @eva.stories. Dalam laporan Jerusalem Post, akun Instagram Gedung Putih (@whitehouse) dengan 4,7 juta pengikut ikut mempromosikan kisah Eva Heyman.
 
Kisah dengan judul The Girl with Instagram ini dibuat berdasarkan buku harian Eva Heyman pada 1944. Lahir dari keluarga borjuis kalangan Yahudi, hidup Eva Heyman yang ceria berubah saat invasi kelompok Nazi berhasil menguasai sebagian wilayah Eropa termasuk Nagyvarad, tempat Eva Heyman tinggal bersama nenek dan kakeknya.
 
Dia mencatat aktivitasnya termasuk profil saudara, sahabat, kekasih, hingga saat menjadi bagian dari 400 ribu Yahudi yang dideportasi ke kamp 'kematian' Auschwitz. Dalam buku harian, Eva Heyman juga menulis kebenciannya terhadap pemimpin Nazi, Adolf Hitler.
 
Sebelum memilih buku harian Eva Heyman, Mati dan Maya Kochavis membaca 30 buku harian yang ditulis para remaja semasa Holocaust berlangsung. Eva Heyman terpilih karena memiliki kisah dengan unsur moderen dan berhubungan dengan masa sekarang. Eva Heyman memiliki cita-cita sebagai pewarta foto. Dalam kisahnya, Eva menceritakan saat dia dipaksa mengenakan bintang kuning oleh keluarga dan hanya diperbolehkan keluar selama satu jam pada pukul 9 hingga 10 pagi.
 
Syuting Eva Stories dilakukan selama tiga minggu di Ukraina melibatkan 400 orang kru. Properti disediakan oleh Mati dan Maya Kochavis menyerupai benda-benda di tahun 1944. Kamera yang digunakan dikembangkan agar aktris asal Inggris pemeran Eva Heyman seolah-olah mengambil gambar melalui ponsel.
 
Buku harian Eva Heyman berakhir pada 30 Mei 1944, beberapa hari sebelum dia dideportasi. Eva Heyman terbunuh di Auschwitz pada 17 Oktober 1944 bersama 1,5 juta anak-anak yang terbunuh di Holocaust. Ibu Eva Heyman, Agnes Zsoult berhasil selamat dari Holocaust dan menemukan buku harian Eva saat kembali ke Nagyvarad. Dalam keadaan terpukul dan berduka hebat, Agnes memutuskan bunuh diri.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif