Jerome Kurnia. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jerome Kurnia. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jerome Kurnia Puas Saksikan Aksinya dalam Film Bumi Manusia

Hiburan film bumi manusia
Cecylia Rura • 15 Agustus 2019 10:47
Surabaya: Aktor muda Jerome Kurnia ikut ambil bagian dalam film Bumi Manusia, adaptasi buku roman sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Jerome memerankan Robert Suurhof, rekan Minke di sekolah HBS. Dia puas menyaksikan aksinya dalam film.
 
"Gua ngomong enggak bias, enggak subyektif, tapi gua melihat film itu suka banget. Gua merasa ini bagus dari segi pemainnya, warnanya, DOP (direct of photography), direct-nya, sampai scoring gua enggak nyangka," kata Jerome usai gala premier di Surabaya belum lama ini.
 
Jerome sebagai Suurhof menjadi pembuka cerita yang manis, menggambarkan hubungannya dengan Minke (Iqbaal Ramadhan). Dia banyak menggunakan bahasa Belanda, menunjukkan kualitasnya sebagai murid HBS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahasa Belanda bukan kendala bagi Jerome. Dia memiliki kemampuan linguistik yang baik. Bahkan, Jerome juga fasih berbahasa Jerman.
 
"Enggak begitu susah, bisa mengerti soalnya gua lumayan fasih bahasa Jerman. Bahasa Jerman dan Belanda itu enggak beda jauh kalau kita baca. Banyak kemiripannya. Kalau udah ngomong soal pronunciation susah karena mereka benar-benar beda dari bahasa Jerman, kesulitan gua di situ," terang aktor berusia 25 tahun itu.
 
Memerankan Suurhof, Jerome tak mencari role model tertentu. Dia hanya membaca dari buku Bumi Manusia dan workshop yang dijalani selama tiga bulan bersama para pemain.
 
"Karena Suurhof bukan hanya di buku pertama, di Anak Semua Bangsa, deskripsi karakter sudah ada. Jadi yang gua coba deliver Suurhof versi Jerome," kata Jerome.
 
Masuk dalam karakter Suurhof, Jerome memiliki ritual khusus. Dia tak mematenkan karakter Suurhof selama workshop maupun syuting, melainkan saat akan pengambilan gambar.
 
"Kalau ada orang selama syuting tiga bulan jadi karakter itu terus, gua enggak kayak gitu. Sebelum mau take gua pasti tenangin diri dulu, terus mencoba masuk lagi, motivasi Suurhof apa, dirasain sebenarnya, diikhlasin," kata Jerome.
 
Film Bumi Manusia tayang di bioskop 15 Agustus 2019 bersama karya adaptasi buku Pram yang lain, Perburuan.
 

 

(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif