Muhammad Khan dalam Kucumbu Tubuh Indahmu (fourcolours films)
Muhammad Khan dalam Kucumbu Tubuh Indahmu (fourcolours films)

Ulasan Film Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body)

Hiburan ulasan film
Purba Wirastama • 18 April 2019 16:41
Juno bocah lelaki yang sering kesepian. Dia menghadapi kekerasan dan luka darah di depan mata sejak masih kecil. Hidupnya berpindah-pindah dari satu konflik kekerasan menuju kekerasan berikutnya, setidaknya empat kali hingga remaja.
 
Dalam perjalanan hidup itu, Juno juga memahami karakteristik gender maskulin dan feminin, serta konstruksinya dalam masyarakat sosial. Itu digambarkan salah satunya lewat penasaran Juno terhadap tubuh perempuan, yang mendefinisikan kenapa seseorang disebut perempuan. Lewat tarian, dia merasa dirinya mampu terbebas dari batas-batas tersebut.
 
Saat kecil, Juno menjadi ayah dan ibu bagi dirinya sendiri. Sang ibu meninggal, sedangkan ayahnya pergi menelantarkan. Dua kekerasan terkait seksualitas terjadi di sekitarnya, ketika lelaki merasa punya kontrol atas tubuh perempuan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suatu huru-hara politik membuat sang bibi, seorang penjual ayam, mengajak Juno pindah ke desa lain. Juno cepat akrab dengan penduduk sekitar karena tangannya dianggap ajaib. Dengan mudah, dia mampu mengecek berapa lama lagi ayam betina akan bertelur. Bibinya, yang marah karena suatu hal, memberi hukuman traumatik kepada Juno.
 
Juno berpindah lagi ke tempat pakdhe atau omnya, seorang penjahit baju yang mengajari dia cara mengukur ukuran tubuh tanpa meteran. Perkenalan dengan seorang petinju kampung membawa Juno ke titik balik lain, ketika dia gamang atas konsep relasi manusia pada umumnya. Di luar hal itu, kekerasan tampaknya selalu mengikuti Juno. Tragedi lain terjadi lagi menimpa orang-orang di sekitar.
 
Perpindahan berikutnya, Juno seorang diri tanpa sanak keluarga. Dia bertemu dengan kelompok penari lengger lanang (Banyumas) yang juga harus hidup berpindah-pindah. Dia bergabung menjadi salah satu penari yang berdandan perempuan.
 
Dalam kehidupan nyata, lengger lanang adalah kesenian "lintas gender" yang punya akar sejarah kuat di Jawa, bahkan sebelum konsep LGBT dari AS menjadi gagasan yang dibicarakan dunia hingga hari ini. Lengger barasal dari kata leng (lubang) dan ger (jengger ayam), yang secara umum merujuk kepada makna "disangka perempuan, ternyata lelaki".
 
Lewat lengger lanang, Juno berusaha membebaskan dirinya dari batasan konsep maskulin dan feminin. Secara unik dalam film ini, sutradara dan penulis Garin Nugroho menggabungkan lengger lanang dengan ritual warok-gemblakan dalam kesenian reog. Warok dan gemblakan adalah jejak dalam kesenian tradisional lain di Jawa, yang menunjukkan adanya relasi dua lelaki dalam konteks mistik.
 
Bersamaan dengan sempalan kisah lengger lanang dan warok-gemblakan, kisah hidup Juno juga dibenturkan dengan kontestasi politik pemerintahan. Bahwa dalam masyarakat modern yang menganut demokrasi dan pemilihan umum di Jawa, praktik dukun mistik masih diandalkan.
 
Lewat kisah mistik dan politik dalam sebuah momen Pilkada, Kucumbu Tubuh Indahku juga memotret konflik internal dalam sebuah keluarga penguasa yang berusaha mempertahankan status quo. Sang lelaki adalah pemimpin di daerah tersebut, tetapi sebetulnya, dia tunduk dalam kuasa istrinya.
 
Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body, yang semula sempat diberi judul "Through the Hole", terasa tidak hendak bercerita lewat alur dramatik seperti film bioskop kebanyakan. Perjalanan psikologis Juno digambarkan lewat konflik berbeda dalam setiap fase tempat tinggalnya yang baru.
 
Dilihat dari banyaknya referensi silang yang berkelindan, perjalanan hidup Juno tampaknya difungsikan Garin sebagai jendela untuk melihat berbagai konflik seputar gender dan politik di Indonesia, khususnya Jawa. Banyak metafora yang dibangun dengan indah dan sendu, baik lewat visual maupun suara. Racikan musik Mondo Gascaro melengkapi karya cerita ini dan membuatnya terasa utuh.
 
Salah satu metafora yang bakal sering dijumpai adalah soal lubang. Pemaknaan soal lubang bisa merujuk kepada lubang untuk mengintip peristiwa atau lubang dalam makna "lengger". Bersiaplah dengan pikiran lebih terbuka untuk menonton film ini.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif