Tiket Film Kuldesak di Jakarta Habis Terjual (Foto: via twitter mirles)
Tiket Film Kuldesak di Jakarta Habis Terjual (Foto: via twitter mirles)

Kembali Diputar, Tiket Film Kuldesak di Jakarta Habis Terjual

Hiburan film indonesia
Cecylia Rura • 29 Desember 2018 20:05
Jakarta: Kuldesak, film debut empat sutradara Mira Lesmana, Riri Riza, Rizal Mantovani dan Nan T. Achnas kembali diputar. Mira Lesmana telah mengabarkan penjualan tiket nonton Kuldesak telah habis terjual.
 
"Latest News: Jakarta Sold Out! Untuk teman-teman di kota lain, segera pesan tiket Kuldesak," tulis Mira dalam akun Twitter @mirles, Sabtu, 29 Desember 2018.
 
Film Kuldesak hanya akan tayang sehari pada Minggu, 30 Desember 2018 di 9 kota di antaranya Jakarta (Plaza Senayan XXI), Bandung (Empire XXI), Surabaya (Ciputra World XXI), Makassar (TSM XXI), Yogyakarta (Empire XXI), Semarang (DP Mall XXI Semarang), Solo (Solo Paragon XXI), Malang (Araya XXI) dan Padang (Transmart Padang XXI). Pemutaran Kuldesak dilakukan pada jam kedua dan hanya digelar satu show.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain melakukan pemutaran, tim produksi film Kuldesak juga merilis buku 20 Kuldesak sebagai medium lain untuk menikmati cerita Kuldesak. Buku ini diberi jargon berjejaring, bersiasat, bergerak dan berontak.
 

 
Konsep dan konten buku telah disunting Mirwan Andan serta dilengkapi foto dokumentasi belakang layar. Buku 20 Kuldesak tidak dijual secara komersil tetapi menerima pesanan dalam bentuk donasi dengan harga per buku Rp750 ribu. Tujuannya, agar buku tersebut dibaca oleh pihak yang tepat dan membutuhkan seperti komunitas dan akademisi yang ingin menjadikannya sebagai sumber bahan kajian. Hasil donasi dikumpulkan tim produksi Kuldesak untuk membantu para sineas muda.
 
Produksi buku ini juga bekerja sama dengan pemerintah diwakilkan Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menampung masing-masing 100 buku untuk disebar ke perpustakaan daerah. Hal ini dilakukan agar masyarakat luas mengenal Kuldesak, film pertama yang diproduksi pada era setelah Orde Baru. Film Kuldesak sekaligus menjadi penanda bangkitnya film Indonesia setelah mati suri di negeri sendiri.
 
Kuldesak memiliki empat segmen cerita berbeda yang saling bersinggungan. Masing-masing segmen dipegang sutradara berbeda dengan isu sosial dan fenomena yang terjadi saat itu. Film ini dibintangi Sophia Latjuba, Aksan Sjuman, Byanca Adinegoro, Ryan Hidayat, Oppie Andaresta, Bucek Depp, Tio Pakusadewo, dan Dik Doank.
 
Film dengan budget minim dan hasil kerja kolektif sukarela ini dapat dikatakan box office. Sebab, saat Kuldesak dirilis perdana di tiga bioskop Jakarta dan bertambah satu layar di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, pemutaran film sukses menembus angka 100 ribu penonton. Sementara pada saat pemutaran film Kuldesak di bioskop, daftar film didominasi judul-judul film barat.
 
Pemutaran film Kuldesak kali ini dalam rangka merayakan 20 tahun sejak tayang perdana pada 27 November 1998.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi