Mieke Wijaya (Foto: Instagram Mieke Wijaya)
Mieke Wijaya (Foto: Instagram Mieke Wijaya)

Profil Mieke Wijaya, Salah Satu Ikon Tiga Dara

Hiburan artis lokal Artis Meninggal Sineas Meninggal Film Losmen Bu Broto
Sri Yanti Nainggolan • 04 Mei 2022 10:13
Jakarta: Artis senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei 2022. Ia meninggal karena penyakit diabetes melitus. 
 
"Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. Mieke Widjaja pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 WIB dalam usia 82 tahun. Mohon diampuni segala kesalahan-kesalahannya dan semoga amal ibadahanya diterima Allah SWT," bunyi pesan singkat yang diterima redaksi Medcom.id. 
 

Profil Mieke Wijaya

Mieke Wijaya memiliki nama asli Miecke Marie De Rijder. Ia lahir pada 17 Maret 1939. Ia menikah dengan Dicky Zulkarnaen pada 1965. Keduanya memiliki empat anak, salah satunya sineas film Nia Zulkarnaen. 
 
Baca: Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia

Karier Mieke Wijaya 

Mieke Wijaya memulai karier sebagai model dan aktris. Ia membintangi puluhan film dan sinetron. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Film pertama Mieke Wijaya adalah Gagal (1955). Kariernya makin melejit melalui Tiga Dara (1956) sebagai Nana. Saat itu, Mieker Wijaya masih berusia 17 tahun. 
 
Sebagai informasi, pada 2016, film Tiga Dara direstorasi oleh SA Films. Proses restorasi yang dilakukan di laboratorium L'immagine Ritrovata di Bologna dan memakan biaya sebesar Rp3 miliar.
 
Mieke Wijaya (paling kanan) dalam film Tiga Dara (Foto: SA Film)
Mieke Wijaya (paling kanan) dalam film Tiga Dara (Foto: SA Film)

Dalam dunia sinetron, Mieke Wijaya juga bermain dalam Losmen (1986) sebagai Bu Broto. Sinetron itu kemudian diadaptasi menjadi film pada 2021 dengan judul Losmen Bu Broto. Maudy Koesnaedi berperan menjadi Bu Broto. 
 

Penghargaan diterima Mieke Wijaya

Mieke Wijaya menerima banyak penghargaan sepanjang kariernya di bidang akting. Piala pertamanya adalah pemenang Pemeran Utama Wanita Terbaik melalui film Gadis Kerudung Putih pada Festival Film Indonesia (FFI) 1967. 
 
Baca: Mengenang Mieke Wijaya lewat Film Ikonik Tiga Dara
 
Mieke Wijaya juga memenangkan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Ranjang Pengantin dalam FFI 1975 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat film Kembang Semusim pada FFI 1981. 
 
Di usia senjanya, Mieke Wijaya menerima Lifetime Achievement Award dalam Festival Film Bandung (2011) dan Indonesia Movie Actors Awards (2015). 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif