Pada iklan yang berjudul Dilon 2019 itu terdapat banyak kemiripan dari segi font dan atribut (jaket) khas pemeran film Dilan. Max Pictures pun menyayangkan sikap perusahaan belanja internasional itu.
"Shopee dapat mengontrak sebuah group band Kpop ternama, malah memilih untuk tidak menghargai hak cipta milik anak bangsa indonesia untuk materi iklannya," bunyi surat terbuka Max Picture.
Menurut Max Pictures, Shopee secara sengaja melakukan produksi iklan yang menggunakan atribut dan font tanpa melakukan izin kepada PT Max Kreatif Internasional. Iklan tersebut menjadi bermasalah karena digunakan untuk tujuan komersil penjualan aplikasi belanja online tersebut.
Karena itu, Max Picture sebagai pemilik hak cipta dari film tersebut melayangkan surat terbuka kepada Joko Widodo dan Triawan Munaf untuk meminta perlindungan.
Film Dilan 1991 sendiri saat ini sedang tayang di bioskop. Sejak ditayangkan pada 28 Februari 2019, film garapan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini sudah meraih 4,5 juta penonton. Film pertamanya, Dilan 1990 mampu meraih 6,2 juta penonton. (Mardinal Afif)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id