Jon M. Chu (Foto: la times)
Jon M. Chu (Foto: la times)

Sutradara Crazy Rich Asians Dukung Penulisnya Mundur dari Proyek Sekuel

Hiburan film hollywood film asing
Cecylia Rura • 11 September 2019 14:13
Los Angeles: Sutradara film Crazy Rich Asians, Jon M. Chu mendukung keputusan Adele Lim, penulis naskah Crazy Rich Asians mundur dari proyek sekuel. Jon bangga ketika Adele memutuskan keadilan bagi dirinya sendiri saat tak mencapai titik temu dari negosiasi honor.
 
Perdebatan muncul saat Adele Lim mengetahui honornya jauh di bawah Peter Chiarelli, rekan penulis untuk proyek sekuel. Adele mendapat honor kisaran USD110 ribu dan Peter Chiarelli di kisaran USD800 ribu hingga USD1 juta.
 
"Semua orang menjalani proses dan tahu akan terjadi hal timpal balik. Namun karena saya dekat dengan Adele, saat saya tahu dia tidak senang dengan penawaran awal, produser, saya, dan para eksekutif studio bertindak, memastikan kami mencapai posisi yang seimbang antara kedua penulis pada jumlah siginifikan," tulisnya dalam surat terbuka yang diunggah di Twitter.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jon M. Chu menilai keputusan Adele Lim memberi pencerahan tentang keadilan di industri perfilman. Perdebatan dinilai baik dan hal seperti ini perlu lebih banyak didiskusikan.
 
"Sangat mendidik dan kuat mendengar semua aspek perdebatan," tulisnya.
 
"Sayangnya ketika kami datang dengan banyak cara untuk memenuhi kebutuhan semua orang, banyak waktu terlewat dan dia menolak tawaran itu. Hal ini terjadi saat negosiasi dan saya bangga dia mampu memertahankan ukuran nilainya sendiri saat merasa dirinya diremehkan," tulis Jon M. Chu.
 
Dalam laporan Hollywood Reporter pekan lalu, Adele Lim telah menyatakan mendapat tawaran honor lebih kecil dari Peter Chiarelli sehingga memutuskan mundur.
 
Ceritanya, lima bulan setelah mencari penulis dari Asia, pihak studio kembali dengan penawaran baru yang lebih tinggi untuk Adele Lim pada Februari. Dia menolak pekerjaan itu, bahkan Peter Chiarelli sempat akan membagi honornya dengan Lim, tetapi tetap ditolak.
 
"Saya sepakat dengan Adele, kesetaraan untuk perempuan dan warna kulit sangat penting untuk mencerahkan industri perfilman yang berkelanjutan dan perjalanan kami masih panjang," kata Jon M. Chu.
 
Bagi Jon secara personal, kasus ini masih sering diperdebatkan di antara pelaku industri film. Seperti nilai pengalaman dibandingkan dengan kesempatan yang kurang, televisi dibandingkan dengan film, pengalaman kerja dibandingkan dengan pengalaman hidup, nilai kontribusi kreatif dan sebagainya.
 
"Saya yakin itu tidak akan dijawab dengan mudah tapi saya tahu kita harus mencoba mencari tahu untuk menjaga tujuan tetap bergerak," ungkapnya.
 
Kendati begitu, Jon M. Chu masih membuka pintu jika Adele Lim berubah pikiran dan ingin kembali duduk mengerjakan proyek sekuel Crazy Rich Asians. Sekuel filmnya akan kembali disutradarai Jon M. Chu.
 
Atas kejadian ini, Jon M .Chu meminta publik tidak menyudutkan Peter Chiarelli. Jon menjamin Peter adalah pria baik, kreatif, dan sangat profesional dalam bisnis perfilman selama bertahun-tahun.
 
Jon M. Chu mengajak Adele Lim bekerja sama dalam film pertama Crazy Rich Asians untuk mendapatkan sudut pandang protagonis perempuan. Sebelumnya, Lim adalah penulis untuk televisi dan belum pernah menulis naskah untuk film sejak Crazy Rich Asians.
 
Peter Chiarelli sebelumnya telah berpengalaman sebagai penulis naskah film di antaranya Now You See Me 2 (2016) dan The Proposal (2008). Peter Chiarelli menulis Crazy Rich Asians pertama bersama Adele Lim, mengadaptasi novel besutan Kevin Kwan berjudul sama.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif