Jumpa pers pemain film Bebas (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jumpa pers pemain film Bebas (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Film Bebas Gambarkan Perlawanan Perempuan terhadap Dominasi Pria

Hiburan Film Bebas
Dhaifurrakhman Abas • 02 Oktober 2019 19:53
Jakarta: Sutradara Riri Riza memasukan adegan perundungan di film garapannya, Bebas. Hal itu dimaksudkan untuk menggambarkan realita kehidupan siswa di Indonesia.
 
“Di film digambarkan bahwa bullying merupakan sebagai sebuah kenyataan dalam masyarakat kita. Yang mana, kebanyakan kasusnya dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan,” kata Riri Riza kepada Medcom.id, di kantor Media Group, Jakarta Barat, Rabu 2 Oktober 2019.
 
Menurut Riri, perundungan di sekolah kerap dilakukan siswa laki-laki terhadap perempuan. Katanya, laki-laki melakukan perundungan karena merasa mendominasi perempuan dengan sikap maskulinitas yang mereka miliki.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenyataannya seperti itu, laki-laki merasa lebih kuat dengan maskulinitasnya atau dengan fisiknya," sambung dia.
 
Akan tetapi di film ini, Riri ingin menunjukkan bagaimana seorang perempuan harus punya sikap terhadap kasus perundungan. Dia ingin perempuan bertindak melawan perundungan dengan cara yang paling bijak.
 
“Kalau secara fisik dan sosial, laki-laki merasa mendominasi dengan maskulinitasnya, dengan fisiknya, maka perempuan harus, minimal dengan tindakan kolektif, bukan sendirian. Jika disiasati, laki-laki bisa tunduk sama perempuan,” ujar dia.
 
Riri juga mengatakan film ini menggambarkan unsur feminisme. Lantaran karakter utamanya merupakan seorang perempuan yang mampu menyelesaikan segala permasalahan dengan tangannya sendiri.
 
Bebas diadaptasi dari film box office berjudul Sunny asal Korea Selatan. Telah diadaptasi di beberapa negara, kisah persahabatan remaja ini dibawa ke Indonesia oleh Miles Films melalui CJ Entertainment.
 
Film Bebas dibagi menjadui dua masa yakni 1995 dan 2019. Adaptasi cerita menyesuaikan potret zaman Indonesia pada tahun 1995. Film ini disutradarai Riri Riza dengan naskah dari Mira Lesmana dan Gina S. Noer dan akan segera tayang pada 3 Oktober 2019.
 
Film Bebas dalam geng remaja dibintangi Maizura (Vina), Sheryl Sheinafia (Kris), Agatha Pricilla (Jessica), Lutesha (Suci), Zulfa Maharani (Gina), dan Baskara Mahendra (Jojo). Geng dewasa diperankan Marsha Timothy (Vina), Susan Bachtiar (Kris), Indy Barends (Jessica), Widi Mulia (Gina), dan Baim Wong (Jojo). Jefri Nichol, Darius Sinathrya, Oka Antara, Brandon Salim. Selain itu, Dea Panendra, Amanda Rawles, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, Syifa Hadju, Bisma Karisma, Sarah Sechan, dan Irgy Fahrezy.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif