Kisah Band Dara Puspita Diangkat ke Layar Lebar
Produser Falcon Pictures Frederica di kantor Falcon Pictures, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jakarta: Sepenggal kisah perjalanan panjang Dara Puspita akan diangkat ke layar lebar. Karya yang disadur langsung dari empat personel band asal Surabaya itu akan digarap tim produksi dari Falcon Pictures.

Ide cerita bermula ketika sebelumnya Falcon melakukan riset untuk film tentang Koes Ploes. Selipan cerita Dara Puspita dalam sejarah Koes Ploes rupanya membuat Falcon tertarik mengangkat beberapa cerita menarik dari grup musik asal Indonesia yang satu-satunya digawangi personel perempuan dan berhasil melakukan tur beberapa kota di Eropa.

"Awalnya kami mau bikin (film) Koes Ploes. Kami riset Koes Ploes dari A sampai Z. Di dalam risetnya Koes Ploes kami ketemu Dara Puspita. Dara Puspita adalah satu band perempuan yang sukses go international di tahun '68. Hanya beliau-beliau saja. Itu yang membuat kami tertarik," ujar Produser Falcon Pictures Frederica di Kantor Falcon Pictures, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2018.

Empat personel Dara Puspita yakni Titiek Hamzah, Susy Nander, Lies Soetisnowati Adji Rachman, dan Titiek Adji Rachman kebetulan berkumpul di Indonesia. Awalnya, pihak Falcon mendiskusikan hal ini bersama Titiek Hamzah. Susy Nander kemudian datang dari Sidoarjo, Lies AR serta Titiek AR yang kini bukan lagi warga negara Indonesia datang dari Belanda dan ikut berdiskusi mengenai memori Dara Puspita yang akan diangkat dalam bentuk film.

"Tanda tangan harus komplit empat personel. Selesai tanda tangan kontrak, mereka (Lies AR dan Titiek AR) pulang ke Belanda. Mereka sudah WNA," kata Frederica.

Naskah film Dara Puspita dikerjakan oleh Alim Sudio. Falcon Pictures dan Dara Puspita masih belum menentukan konten mana yang akan digarap. Begitu juga dengan sutradara dan aktor yang terlibat.

Dara Puspita adalah band populer asal Surabaya. Hingga saat ini, mereka adalah grup musik yang dengan empat personel perempuan yang berhasil melakukan tur keliling Eropa. Dara Puspita begitu populer sejak era 60-an. Gaya bermusik serta penampilan para personel Dara Puspita yang nyentrik menjadi bagian dari arsip sejarah musik Indonesia.

Bukan rahasia umum ketika banyak yang menuliskan popularitas mereka bahkan mengungguli Koes Ploes yang saat itu juga meniti karier di masa jayanya.

Film Dara Puspita rencananya dapat tayang pada 2020, setelah film Koes Ploes naik layar.

 

(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id