Film Ini Budi (Foto: youtube)
Film Ini Budi (Foto: youtube)

Film Animasi Ini Budi Ajarkan Anak Indonesia Pentingnya Keberagaman

Elang Riki Yanuar • 30 Juli 2021 08:00
Jakarta: Rumah produksi Paragon Pictures dan Indika Foundation menggelar acara workshop untuk para guru. Dalam acara itu para guru diajarkan cara membuat sebuah storytelling yang menarik bagi murid mereka.
 
Salah satu bentuk contoh storytelling yang dipilih diajarkan ialah film animasi Ini Budi. Film dianggap mengandung ajaran pentingnya pengetahuan menghargai perbedaan sejak dini.
 
Inul Daratista yang menjadi salah satu pengisi suara berharap film animasi Ini Budi dapat menanamkan nilai-nilai toleransi dan semangat keberagaman pada anak-anak Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan hadirnya kartun Ini Budi di sekolah-sekolah bisa lebih mengedukasi anak-anak kita tentang keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia. Karena menurut saya, sekarang ini era-nya serba digital, generasi sekarang itu generasi digital. Jadi, pengajaran melalui media animasi atau story telling lebih efektif saat ini," kata Inul Daratista dalam keterangan tertulisnya.
 
Mengajari para guru agar lebih interaktif menjadi penting mengingat kondisi belajar mengajar mayoritas masih digelar secara daring. Butuh cara-cara kreatif agar anak-anak tertarik dan antusias belajar di rumah.
 
"Kami melihat pembuatan film kartun dan edukasi dapat saling berkolaborasi sehingga kita bisa memberikan tontonan yang bermakna dan anak dapat bergembira menikmatinya. Kami berharap lewat film animasi Ini Budi, anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah dan menjadikan sekolah tempat yang menyenangkan bagi mereka," kata Produser Paragon Pictures, Ellen Xie.
 
Selain mengajarkan nilai-nilai toleransi, film animasi Ini Budi juga menekankan pentingnya tentang bahaya perundungan. Apalagi, menurut Riset Programme for International Students Assessment (PISA) pada 2018, 41 persen siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan
 
"Saya berharap Ini Budi bisa jadi cara seru untuk membantu menanamkan nilai-nilai toleransi kepada siswa. Ini Budi dapat membuka cara pandang baru untuk guru, bahwa nilai-nilai toleransi dan keragaman dapat diajarkan kepada siswa dengan cara yang menarik," kata Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation.
 
Film Ini Budi dapat disaksikan gratis di Youtube.
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif