Dok. LA Indie Movie
Dok. LA Indie Movie

Ismail Basbeth Produseri Film Pendek Konspirasi Gaib

Hiburan kompetisi film pendek
Cecylia Rura • 13 September 2019 08:11
Jakarta: Sutradara Ismail Basbeth memproduseri film pendek berjudul Konspirasi Gaib, sebuah proyek LA Indie Movie yang disutradarai Kak Alfi. Film ini melibatkan Michael Pratama (sinematografer), M. Supriyanto (art direction) dan Dodi Ario (editor).
 
Ismail Basbeth sebelumnya menyutradarai film panjang Mencari Hilal dan Arini. Film pendek Konspirasi Gaib nantinya dikerjakan berdasarkan naskah dari Alfredo.
 
Konspirasi Gaib mengangkat cerita dua makhluk halus bernama Wowo berwujud Genderuwo dan Cong berwujud pocong. Mereka merasa kehadiran mereka tidak ditakuti lagi oleh manusia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wowo dan Cong berencana menakuti seorang influencer tetapi terus gagal. Putus asa karena gagal, akhirnya Wowo dan Cong menyebarkan teror ketakutan kepada manusia dan membuat mereka kembali takut akan kehadiran makhluk gaib.
 
Alfredo tertarik menulis cerita ini karena merasa relevan dengan era sekarang dengan teknologi dan media sosial yang dekat dengan masyarakat. Kekuatan media sosial dan teknologi yang mendominasi rutinitas masyarakat perlu digunakan secara efisien.
 
Alfredo mencontohkan, teroris menggunakan Internet untuk menyebar eksistensinya seperti yang terjadi di New Zealand beberapa waktu lalu. Teroris saat itu menggunakan rekaman video mandiri untuk menyebarkan kebencian dan ketakutan. Setelah viral, video itu seperti sebuah teror yang disebarluaskan.
 
"Di sini saya ingin menyampaikan fenomena tersebut dengan sebuah analogi; teroris digantikan oleh makhluk halus, yang ingin menyebarkan eksistensi dan ketakutan dengan membuat video propaganda seperti yang dilakukan kebanyakan aksi terorisme saat ini. Cerita ini dikemas dengan alur komedi namun diharapkan memberikan perspektif baru bagi penonton, bahwa bukan teroris saja yang melakukan aksi terorisme, namun manusia atau penonton yang ikut menyebarkan video hasil rekaman tersebut, ikut pula berpartisipasi dalam aksi teror dan penyebarannya," kata Alfredo dalam keterangan tertulisnya.
 
Menyempurnakan pesan dalam film untuk disampaikan kepada penonton, sutradara Kak Alfi mengangkat tema Viral dalam LA Indie Movie 2019 melalui komedi dan horor. Dia berharap, film Konspirasi Gaib dapat menghasilkan visual yang menarik.
 
Konspirasi Gaib telah melalui tahap post-production. Film Konspirasi Gaib akan tayangbersama Nasintel dan #Instalie akhir tahun ini melalui iFlix dan Viddsee.

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif