YOUR FASHION

Kulit sensitif? 4 Tips Memilih Perhiasan yang Tidak Bikin Ruam

Mia Vale
Senin 04 Juli 2022 / 10:05
Jakarta: Perhiasan bisa menjadi cara yang indah untuk mengekspresikan gaya dan semangat seseorag. Bahkan, perhiasan bisa jadi andalan untuk membuat penampilan yang lebih elegan. Namun begitu, kenyamanan dan keamanan dalam berpenampilan tentunya tetap harus jadi nomor satu.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dalam memakai perhiasan, bisa saja terhiasan itu meninggalkan ruam, lepuh, atau kemerahan yang buruk di tempat mereka bersentuhan dengan kulit. 

Dengan kata lain, bila kulit kamu sensitif, jangan sembarang mengenakan perhiasan. Ini bertujuan agar terhindar dari risiko iritasi dan gatal pada kulit sensitif. So, simak tips memakai aksesori perhiasan yang tepat.
 

1. Tinggalkan perhiasan imitasi 


Bila memiliki kulit sensitif, jangan mengenakan perhiasan imitasi apa pun. Perhiasan jenis ini, dilansir dari laman Long Jeweleres, sering menggunakan nikel, yang menimbulkan reaksi pada banyak orang. Tanda-tanda logam paduan nikel (campuran), bukan emas atau perak, adalah noda kehijauan atau coklat pada kulit tempat perhiasan itu berada. 

Respons kulit semacam ini bisa kecil dalam kasus cincin jari tetapi dapat menyebabkan ruam dalam kasus gelang dan kalung.

Perhiasan palsu bisa sangat berbahaya bila digunakan untuk telinga yang baru ditindik. Jika telinga kamu masih dalam proses penyembuhan, jangan mengganti perhiasan setidaknya selama dua hingga tiga bulan.



(Dilansir dari Dailymail.co.uk, hasil penelitian menemukan, alasan perhiasan imitasi bisa menimbulkan alergi karena rata-rata perhiasan imitasi mengandung nikel. Nikel mengikat protein sistem kekebalan tertentu yang bisa memicu gangguan, terutama di bagian kulit. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Cari tahu sensitivitas kulit  


Orang yang berbeda merespons hal yang berbeda, dan dalam hal logam, banyak orang mungkin memiliki alergi atau respons kulit yang serupa atau berbeda. Jika kamu tahu bahwa nikel menyebabkan kulit bereaksi, pastikan untuk memeriksa ulang perhiasan yang dibeli dari department store atau kotak perhiasan.

Beberapa baja tahan karat dapat dibuat dengan nikel atau besi, sehingga tidak dapat dipakai bagi mereka yang alergi. 
 

3. Tidak semua logam diciptakan sama 


Mereka yang memiliki kulit super sensitif mungkin hanya bisa memakai emas murni. Jika memiliki perhiasan yang terbuat dari nikel, lapisi dengan platinum bila ingin memakainya. Dalam kasus baja tahan karat, pastikan perhiasan terbuat dari baja tahan karat bedah. Ini adalah baja murni dan kecil kemungkinannya menyebabkan masalah kulit. 
 

4. Rawat perhiasan 


Penting untuk mencuci perhiasan dalam larutan yang yng bertujuan untuk membersihkan. Potongan perhiasan yang dipakai setiap hari mengumpulkan kotoran dan penumpukan lainnya dari parfum, sabun, dan losion. 

Lepaskan barang-barang setidaknya seminggu sekali dan biarkan terendam dalam larutan pembersih perhiasan. Jika penumpukan tetap ada, gunakan sikat gigi bersih untuk menghilangkannya dari detail kecil perhiasan. Bila memiliki alergi kulit, segera cuci kulit setiap usai memakai perhiasan. 
(TIN)

MOST SEARCH