YOUR FASHION

Kolaborasi Kreatif Material Interior AICA dan Fashion di Panggung JFW 2026

Yuni Yuli Yanti
Selasa 28 Oktober 2025 / 08:00
Jakarta: Berbicara tentang pagelaran mode, sering kali yang menjadi fokus utama kebanyakan orang adalah pertunjukkan koleksi busana dari para desainer ternama. 

Padahal, desain dan material interior di panggung runway termasuk elemen yang tak kalah penting dalam mendukung kesuksesan pertunjukkan fesyen.  

PT Aica Indonesia (AICA), produsen High Pressure Laminates (HPL) dan material interior lokal sejak 1974 yang mengadopsi standar serta teknologi asal Jepang, memperkuat komitmennya terhadap inovasi dan kreativitas lintas industri melalui partisipasinya di gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2026.

Sebagai pendukung utama material laminates, AICA mengusung konsep “Design Meets Fashion: When Material Defines Style”, yang menegaskan posisi perusahaan sebagai penghubung antara desain interior, arsitektur, dan fashion dalam ekosistem industri kreatif Indonesia. 

Langkah strategis ini menjadi bagian dari upaya AICA untuk mendorong kolaborasi antarprofesi kreatif, sekaligus memperluas makna desain sebagai elemen yang tidak hanya fungsional, tetapi juga membentuk gaya hidup dan karakter visual masyarakat modern.

"Menurut kami, fashion show bukan cuma ajang fashion show, tetapi lebih ke perayaan desain dan kreativitas. Selain mendapat undangan kolaborasi dari HDII, kami juga menganggap dunia fashion itu lebih cepat dalam membuat suatu tren dan gaya. Kami berpikir antara desain dan fashion itu bisa bekerja sama, memperkuat satu sama lain dari segi visual dan emosi," ujar Kevin Octavius, Sales & Marketing Manager PT AICA Indonesia, saat ditemui Media pada Senin (27/10), di Jakarta. 

Dalam kolaborasi ini, AICA menghadirkan inovasi produk seperti HPL (High Pressure Laminates) untuk dinding dan lantai runway, SPC Flooring untuk area VIP, serta ToughTop untuk area lounge. 


(Beberapa material AICA yang digunakan untuk desain interior panggung Jakarta Fashion Week 2026. Foto: Dok. Yuni)

Ketiga produk tersebut mengusung filosofi “Reimagination of Spaces”, yakni cara pandang baru tentang bagaimana ruang dan material dapat menjadi bagian dari ekspresi artistik dan pengalaman pengguna.

Melalui kehadirannya di JFW 2026, AICA tidak hanya memperkenalkan material inovatif, tetapi juga menampilkan implementasi nyata dari konsep tersebut melalui kolaborasi dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta.

"Kolaborasi antara interior dan fashion membuka perspektif baru bagi desainer dalam memaknai fungsi estetika. AICA menunjukkan bahwa material tidak hanya mendukung fungsi ruang, tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi visual yang membentuk karakter dan gaya," jelas Ranu Scarvia, Ketua HDII Jakarta. 

Partisipasi AICA di JFW 2026 sekaligus memperkuat posisinya sebagai brand material premium yang selaras dengan tren desain global dan nilai keberlanjutan. 

Kevin menambahkan dengan standar kualitas tinggi dari Jepang, AICA terus berinovasi menghadirkan produk yang tahan lama, higienis, dan ramah lingkungan, sejalan dengan kebutuhan pasar modern yang menuntut keseimbangan antara estetika dan tanggung jawab lingkungan. 

"Kami ingin menegaskan pandangan bahwa desain material dapat mendefinisikan gaya. Melalui platform seperti Jakarta Fashion Week, kami berharap dapat memperluas dialog antara industri interior, arsitektur, dan fashion, serta menginspirasi desainer muda untuk berkolaborasi lintas disiplin," tutup Kevin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH