YOUR FASHION

Kulit Sering Tertutup, Inilah Tips Jaga Kulit bagi Para Hijabers

Raka Lestari
Senin 07 Februari 2022 / 10:00
Jakarta: Permasalahan kulit pastinya hampir mungkin pernah dialami oleh semua orang. Tidak terkecuali bagi mereka yang menggunakan hijab. Dan jika para hijabers ini mengalami masalah kulit, tentu akan membuat tidak nyaman. Apalagi pakaian yang digunakan oleh para hijabers ini haruslah tertutup.

“Permasalahan kulit pada hijaber ini sebenarnya kurang lebih sama dengan orang yang tidak berhijab,” jelas dr. Ika Anggraini, Sp.DV, seorang dermatologis dalam acara Virtual Presss Conference Nivea Hijab, pada Sabtu, 5 Februari 2022.

Ia menambahkan, “Orang yang memakai hijab kan menggunakan pakaian yang tertutup hampir setiap saat. Jadi memang risiko untuk mengalami kelembapan karena keringat yang tertumpuk di pakaian. Apalagi kalau pakai pakaian yang tidak menyerap keringat seperti nilon atau wol, bukan katun,” ujar dr. Ika.

“Keringat yang tertumpuk itu membuat kulit jadi lembap, sehingga proses penguapan air keluar dari kulit jadi meningkat. Sehingga kulitnya cenderung akan lebih kering,” tutur dr. Ika. 


tips jaga kulit bagi hijaber
(Salah satu tips menjada kulit bagi hijabers adalah menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Misalnya berbahan wol atau katun serta baju yang tidak terlalu ketat. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)


“Masalah lain adalah karena keringat yang berlebihan, biasanya juga ada di bagian ketiak,” katanya. Dr. Ika menyarankan agar mereka yang menggunakan hijab juga tidak lupa untuk selalu memerhatikan kebersihan ketiak. 

“Apalagi orang yang memiliki bau badan yang berlebih. Di ketiak kan ada lipatan-lipatan, jadi ketika ada gesekan antara pakaian dan lipatan kulit bisa menimbulkan rasa gatal,” tuturnya.

“Apalagi kalau keringat yang keluar sedang sangat banyak, maka itu bisa menyebabkan pengumpulan bakteri yang tidak baik untuk kulit. Dan ketika bakteri tersebut bereaksi dengan asam lemak bebas maka akan terjadilah bau badan,” jelas dr. Ika.

Untuk itu, ia memberikan tips untuk menjaga kulit bagi mereka yang menggunakan hijab seperti berikut ini:

- Mandi dua kali sehari dengan air biasa atau suam-suam kuku saja
- Gunakan skincare yang halal dan bebas alkohol
- Gunakan pakaian yang menyerap keringat. Misalnya bahan wol dan baju yang tidak terlalu ketat
- Gunakan pelembap minimal dua kali sehari setelah mandi
- Gunakan deodorant yang tidak iritatif dan mengandung vitamin C untuk mencerahkan
- Hindari variasi suhu yang signifikan, misalnya terlalu panas dan terlalu dingin
- Hindari pajanan matahari berlebihan

(TIN)

MOST SEARCH