WISATA

Ini 5 Kota yang akan Paling Banyak Didatangi Pemudik

A. Firdaus
Selasa 26 April 2022 / 14:16
Jakarta: Mudik menjadi aktivitas yang paling wajib dilakukan oleh mayoritas masyarakat muslim di Indonesia menjelang lebaran. Sayangnya, dalam dua tahun ke belakang, karena adanya pandemi, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik.

Pada tahun ini, seiring dengan menurunnya kasus covid-19 di Indonesia, pemerintah pun melonggarkan beberapa kebijakan. Termasuk aktivitas mudik yang belakangan telah dibolehkan oleh pemerintah.

Dengan adanya pengumuman tersebut, data Litbang Kementerian Perhubungan, memperkirakan bakal ada 85 juta penduduk Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022 nanti. Antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik juga terlihat dari meningkatnya pemesanan moda transportasi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.

Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62%, jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. Tepatnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan untuk membolehkan mudik.

"Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi). Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan mencapai 112% jika dibandingkan dengan tahun 2019," ujar Iko Putera, CEO Transport, Traveloka.

"Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru," jelas Iko.
(FIR)

MOST SEARCH