WISATA

Livery Labuan Bajo di AirAsia, Dorong Pariwisata Indonesia

Yatin Suleha
Senin 04 Agustus 2025 / 10:42
Jakarta: Siapa yang tidak tahu Labuan Bajo? Sebuah kota kecil yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia, dikenal sebagai pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo menawarkan keindahan alam yang sangat memukau.

Dan Indonesia AirAsia kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pariwisata Indonesia melalui peluncuran livery terbaru bertema “Labuan Bajo” destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur yang juga dikenal sebagai Kota Seribu Sunset. 

Baca juga: Tantangan dan Skema Pembiayaan Reforestasi untuk Pariwisata Berkelanjutan

Pesawat dengan nomor registrasi PK-AZN, kini tampil memukau dengan desain yang mengangkat keindahan salah satu destinasi unggulan tanah air ke langit internasional.

“Indonesia AirAsia terus berupaya memperkenalkan ragam destinasi Indonesia ke kancah internasional. Setelah sebelumnya menghadirkan livery bertema Danau Toba, kali ini kami mempersembahkan livery terbaru bertema Labuan Bajo sebagai bentuk dukungan terhadap promosi destinasi pariwisata super prioritas (DPSP)," buka Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Indonesia AirAsia, Captain Akhmad Sadikin di Labuan Bajo, Mei lalu.

"Kami berharap inisiatif ini dapat memperkuat daya tarik Labuan Bajo di mata wisatawan mancanegara dan mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif berkelanjutan di Indonesia,” tambah Captain Akhmad Sadikin.
 

“Connecting Labuan Bajo to The World”




(Livery Labuan Bajo di badan pesawat AirAsia. Video: Dok. Instagram AirAsia Indonesia/@flyairasia.id)

Capt Diki menambahkan bahwa, sejalan dengan tagline “Connecting Labuan Bajo to The World”, Indonesia AirAsia memanfaatkan kekuatan jaringan dan frekuensi penerbangan internasional yang dimilikinya untuk memperluas jangkauan promosi Labuan Bajo ke pasar global. 

Melalui langkah ini, Indonesia AirAsia ingin mewarnai langit dunia dengan semangat pariwisata Indonesia, serta memperkenalkan Labuan Bajo sebagai ikon baru yang membanggakan dalam industri pariwisata internasional.

Livery ini menampilkan beragam ikon yang mencerminkan kekayaan alam, budaya, dan daya tarik khas Labuan Bajo, seperti Komodo, suku Manggarai, kapal Phinisi, serta panorama pantai yang memikat. 

Visual-visual tersebut mengilustrasikan pesona Labuan Bajo yang menjadikannya destinasi unik bagi pariwisata Indonesia.

Selain menampilkan kekayaan visual tersebut, livery ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata melalui inisiatif co-branding Wonderful Indonesia yang ditampilkan di badan pesawat. 

Sinergi ini menjadi bagian dari upaya bersama untuk memperkuat citra pariwisata Indonesia dan menjangkau audiens internasional melalui kehadiran visual yang melintasi batas-batas negara.

“Kami mengapresiasi langkah Indonesia AirAsia yang terus menunjukkan komitmen dalam mendukung promosi pariwisata tanah air, termasuk melalui pendekatan kreatif seperti livery bertema Labuan Bajo. Inisiatif ini bukan hanya memperluas ruang promosi destinasi unggulan, tetapi juga memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Widiyanti Putri Wardhana.

"Dengan visual yang menarik dan daya jangkau lintas negara, kami percaya langkah ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat wisatawan mancanegara dan mendukung upaya pengembangan pariwisata berkelanjutan secara berkesinambungan,” tambah Menpar.


(AirAsia mendukung pariwisata Indonesia melalui peluncuran livery terbaru bertema “Labuan Bajo” destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur. Foto: Dok. AirAsia)

Pemilihan elemen-elemen khas Labuan Bajo dalam livery ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), yang turut memberikan arahan dan inspirasi dalam menonjolkan identitas Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

“Kolaborasi ini menjadi langkah strategis untuk memperluas jangkauan promosi Labuan Bajo kepada wisatawan global. Melalui livery yang menampilkan kekayaan budaya dan keindahan alam khas Labuan Bajo, kami ingin menunjukkan bahwa destinasi ini layak menjadi sorotan dunia dan menjadi kebanggaan pariwisata Indonesia,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOLBF, Dwi Marhen Yono.

Sebagai bagian dari upaya memperluas konektivitas udara ke destinasi-destinasi unggulan, Indonesia AirAsia terkini mengoperasikan 8 rute domestik dan 25 rute internasional yang menjangkau berbagai negara di kawasan Asia dan Australia. 

Khusus untuk Labuan Bajo, Indonesia AirAsia melayani penerbangan dari Jakarta dan Bali, yang sepanjang tahun 2024 telah mengangkut lebih dari 294 ribu penumpang dari dan menuju Labuan Bajo.

Komitmen untuk memperkuat konektivitas internasional ke Labuan Bajo turut ditunjukkan oleh AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK), yang pada September 2024 meresmikan penerbangan berjadwal internasional pertama dari Kuala Lumpur ke Labuan Bajo. 

Langkah ini menegaskan peran strategis Grup AirAsia dalam membuka akses yang lebih luas bagi wisatawan mancanegara.

Sepanjang tahun 2024, baik Indonesia AirAsia (QZ) maupun AirAsia Malaysia (AK) secara keseluruhan telah membawa lebih dari 188 ribu wisatawan asing ke Labuan Bajo, dengan mayoritas berasal dari Cina, Prancis, dan Jerman.

Dengan Labuan Bajo yang telah menjadi tuan rumah berbagai forum internasional bergengsi seperti KTT G20 dan KTT ASEAN ke-42, kehadiran livery bertema ini diharapkan dapat semakin memperkuat citra Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia. 

Kehadiran visual ini menjadi bagian dari upaya nyata untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, baik ke Labuan Bajo maupun ke berbagai destinasi unggulan lainnya di Indonesia sekaligus mendukung pertumbuhan pariwisata yang berdampak positif bagi masyarakat dan terus berkembang secara konsisten.

Baca juga: Kenapa Kamu Harus ke Labuan Bajo, Minimal Sekali Seumur Hidup

Indonesia AirAsia juga terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(TIN)

MOST SEARCH